Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

6 Agustus 2021

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika Terlengkap

6 Agustus 2021

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika Terlengkap – Bagi masyarakat umum yang awam dengan dunia pendidikan tentu akan bingung mengenai istilah-istilah yang digunakan dalam dunia perkuliahan. Terutama bagi calon mahasiswa yang akan mengambil program studi di perguruan tinggi agar tidak salah pilih jurusan. Sistem Informasi dan Teknik Informatika sama-sama berkaitan dengan informasi, namun apakah perbedaannya? Berikut ini akan kita bahas mengenai Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Kedua istilah ini memiliki makna yang hampir sama, perbedaanya terletak pada kegunaannya. Teknik informatika bersifat teknis, sementara Sistem informatika lebih bersifat manajerial (mengatur). Penjelasan mengenai perbedaan kedua prodi ini kaan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu definisi, kurikulum, gelar, dan karir.

Sistem Informatika

Definisi

Sistem Informatika lebih fokus tentang kemampuan seseorang dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan system informasi organisasi. . Sistem informatika biasanya memiliki nama yang berbeda-beda bergantung pada otoritas kampus, diantaranya adalah system informasi, manajemen informatika, system informasi manajemen, manajemen system informasi, manajemen informasi dan lain sebagainya.

Kurikulum

Dalam prodi ini akan diajarkan mengengai teknologi dan system informasi yang sesuai dengan strategi bisnis perusahaan agar bisa menciptakan keunggulan yang kompetitif. Kamu akan belajar tentang sistem interaksi, manajemen sistem informasi, analisis sistem informasi, jaringan komunikasi data serta hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan manajemen.

Gelar Sarjana

Jika menempuh pendidikan prodi Sistem Informasi maka kamu akan meraih gelar S.SI (Sarjana Sistem Informasi). Akan tetapi setiap kampus memiliki otonomi sendiri untuk menentukan gelar yang akan diberikan kepada lulusannya. Ada juga yang memeberikan gelar S.Kom (Sarjana Komputer)

Karir

Bidang-bidang yang menerapkan ilmu sistem informatika diantaranya adalah administrasi bisnis, sistem perusahan, sistem keuangan, prinsip-prinsip manajemen, pemrograman aplikasi perusahan dan lain sebagainya. Tujuan dari penerapan ilmu sistem informatika ini adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu organisasi dalam hal pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan sistem informasi internal suatu perusahaan.

Lulusannya memiliki prospek karir dalam divisi teknologi informasi, diantaranya adalah Business Analyst, Web Developer, Project Manager, dan sebagainya.

Sebagai Business Analyst kamu akan menjembatani tim IT yang mengembangkan aplikasi dengan manajemen perusahaan. Web Developer bertanggungjawab untuk mengelola dan merancang website perusahaan. Project Manajager bertuga untuk menjalankan suatu proyek yang terkait dengan bidang teknologi computer.

Teknik informatika

Teknik informatika lebih menekankan kemampuan manusia untuk merangcang dan mengembangkan alogaritma komputasi. Prodi ini mengajarkan ilmu komputer secara murni yang berhubungan dengan software engineering dan ilmu komputer seperti programming, analisis numerik, rekayasa software, jaringan computer dan sebagainya.

Kurikulum

Kurikulum yang diajarkan dalam Teknik Informatika diantaranya adalah sistem digital, struktur data, komputasi numerik, manajemen bisis, keamanan informasi, dan lain sebagainya. Jika mengambil prodi ini maka kamu juga harus pandai dan suka dengan matematika, karena kurikulum di jurusan tersebut berkaitan dengan logika matematika, alogaritma, dan komputasi.

Gelar Sarjana

Sarjana Teknik Informasi akan mendapatkan gelar sarjana S.TI (Sarjana Teknologi Informasi).

Karir

Sebagai sarjana teknik informasi kamu memiliki prospek kerja sebagai web designer, mobile application developer, system analyst, dan sebagainya.

Sebagai web designer kamu akan bertanggung jawab untuk membuat tampilan sebuah website agar menarik secara visual. Sebagai Mobile Application Developer kamu akan bertanggung jawab untuk mengembangan sebuah aplikasi untuk perangkat mobile. Sebagai system analyst kamu memiliki kewabijan untuk menganalisa sistem yang digunakan suatu perusahaan.

Baca Juga:

42 Referensi Skripsi Jaringan Komputer Terlengkap
61 Referensi Judul Skripsi Game Teknik Informatika
54 Referensi Skripsi Berbasis Web Terlengkap
Penutup

Meskipun kedua prodi ini memiliki fungsi yang berbeda dalam suatu perusahaan, tetapi keduanya memiliki prospek yang bain untuk masa depan. Semakin berkembangnya teknologi, tentu kita membutuhkan orang-orang yang sigap menegenai teknologi. Jangan lupa untuk menyesuaikan minat dan bakatmu saat memilih prodi untuk perguruan tinggi. Jangan sampai salah pilih, karena pilihanmu dapat mempengaruhi masa depanmu. Semoga artikel ini bermanfaat!