Nurhamka Blog Belajar Ngeblog dari sekarang bersama Kami

Langkah awal Memulai Teknik SEO On Page

Langkah Awal Memulai Teknik SEO On Page – Semua para Blogger pasti menginginkan agar Blog nya berada di halaman pertama mesin pencarian, baik itu mesin pencarian Google, Bing/yahoo, yandex, maupun mesin pencarian populer lainnya.  maka dari itu tidak heran segala macam cara di lakukan supaya Blog nya berada di halaman utama mesin Pencarian, karena dengan Blog kita berada di halaman utama mesin pencarian, maka potensi untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak akan terbuka secara lebar.

Logika nya begini, jika seseorang mencari tutorial tentang cara Ngeblog misalnya, maka akan muncul beberapa pages di mesin pencarian tersebut, maka dalam pikiran orang tersebut akan memilih Blog yang berada di urutan pertama dan halaman pertama, karena menurutnya blog tersebut lebih bagus, dan informasi yang ada di dalam blog tersebut dapat di percaya.  padahal tidak semua blog yang ada di urutan pertama bisa di percaya, melainkan mereka semua melakukan beberapa optimasi pada Blog nya, yang di sebut dengan SEO, sehingga Blog nya berada di urutan pertama mesin pencarian.

Maka dari itu bagi anda yang ingin agar Blog nya berada di halaman utama mesin Pencarian, maka cobalah untuk mempelajari Teknik SEO, nah bagi anda yang belum tahu tentang Apa itu SEO, anda bisa membaca artikel nya.

oke kita lanjut pada pembahasan inti, Didalam SEO, terdapat dua Teknik yang bisa anda pelajari dan praktikan, diantaranya adalah :

  1. Teknik SEO On Page
  2. Teknik SEO Off Pages

kedua teknik di atas, Harus anda padukan ke dalam Blog anda, supaya mendapatkan Hasil yang maksimal di mesin pencarian. nah untuk kali ini saya akan membahas tentang Cara memulai Teknik SEO On Page, dimana Teknik SEO ini di lakukan secara langsung dari dalam Blog anda,  ada beberapa Hal yang mesti anda omtimasi di dalam Blog anda, diantaranya adalah :

  1. Konten/Artikel
  2. judul
  3. URL
  4. Meta Descripsi
  5. Images
  6. External Link (link Keluar)
  7. Internal Link ( Link ke dalam Blog)
  8. Sosial Shering
  9. Template

Nah ke sembilan Hal di atas, wajib anda perhatikan dan setting secara manual, supaya Blog anda lebih terlihat SEO. untuk cara cara pengaturan nya kita akan Bahas satu per satu.

1. KONTEN/ARTIKEL

Jika di ibaratkan Konten merupakan sebuah Nyawa dalam Blog, jadi akan terasa seperti mayat jika Blog anda tidak memiliki Konten, dan sangat mustahil untuk bisa di optimasi.

Nah pertanyaan nya adalah Konten yang seperti apa sih yang di maksud itu?

Yaitu Konten yang menarik dan berkualitas, yang di buat sendiri (original) bukan hasil Copy Paste.

Kemudian Artikel yang menarik dan berkualitas itu yang seperti apa?

Artikel yang menarik dan berkualitas itu adalah :

  1. Memberikan banyak Manfaat bagi para pengunjung
  2. Pengunjung merasa takjub dan betah untuk membaca artikel anda
  3. Artikel anda mampu menyelesaikan permasalahan Pengunjung
  4. walaupun banyak blog yang membahas konten yang sama, namun Artikel anda terlihat Lebih menonjol dan ada nilai Plus nya.

nah di atas adalah beberapa penjelasan mengenai artikel yang menarik dan berkualitas. Ingat jangan sampai Konten anda di benci oleh pihak Google, oh ia di bawah ini adalah beberapa kriteria Konten yang di benci oleh Google.

  1.  Konten yang terlalu singkat akan penjelasan, atau bisa di bilang minim informasi
  2. menjadikan pengunjung Blog anda merasa tidak nyaman dengan Konten anda
  3. konten yang anda buat bukan original alias hasil Copy paste

nah di atas adalah 4 kriteria konten yang paling di benci oleh Google, jadi apabila Konten anda masuk ke dalam salah satu kriteria di atas, maka jangan berharap konten anda akan masuk ke halaman utama mesin pencarian.

2. JUDUL

Pernahkah anda mencari sesuatu hal di internet, ya pasti dong pernah, lalu pernahkah anda berfikir jika memilih judul artikel yang menurut anda bikin penasaran untuk membacanya. nah Dalam Teknik SEO On Page Judul juga merupakan sebuah hal yang harus anda perhatikan. lalu judul yang seperti apa sih yang paling bagus untuk SEO?

Menurut saya judul yang paling bagus akan seo adalah judul yang bisa memberikan nilai relevan terhadap Keyword yang anda bidik, jadi jika judul blog anda relevan dengan keyword yang anda bidik maka semakin berpeluang konten anda berada di halaman utama.

Jika boleh saya sarankan buatlah judul yang mengundang akan kata viral, yang bisa membuat pengunjung merasa penasaran akan isi konten anda. langkah teknik ini bisa anda padukan dengan cara mencari topik apa saja yang lagi Trend di bahas, anda bisa mencari topik yang paling banyak di cari di Google Trend.

3. URL

sebenarnya untuk masalah Url tidak lah begitu penting, namun jika anda benar benar ingin agar url blog anda lebih SEO maka cobalah mengatur url yang lebih bagus contoh nya

jika anda membuat artikel dengan judul “membuat Blog”

maka Url yang lebih bagus dan lebih SEO adalah :

  1. namadomain,com/membuat blog
  2. namadomain,com/kategori/membuat blog

jadi intinya janganlah terlalu panjang dalam membuat url, karena nantinya url tersebut akan secara otomatis terpotong , kemudian buatlah url yang bisa mewakili isi artikel anda, dan kalau bisa mengandung kata kunci supaya lebih relevan.

4. META DESKRIPSI

meta deskripsi adalah sebuah kalimat yang berisikan sedikit penjelasan mengenai artike anda, yang berada di bawah judul Blog anda ketika di telusuri di mesin pencarian.

jadi saran saya buatlah meta deskripsi yang menarik dan bikin penasaran pengunjung blog pada setiap artikel anda.  supaya lebih mengundang banyak Klik.

5. IMAGES

jika dalam sebuah konten/artikel yang anda buat tidak ada images nya sama sekali, jangankan saya, pengunjung lain juga akan merasa bosan dan jenuh dengan artikel yang anda buat,

jadi saya sarankan lebih baik setiap artikel anda memiliki image nya, minimal setiap artikel 1 image, kemudian jangan terlalu banyak image dalam setiap artikel anda, karena nantinya bisa di sangka oleh Google bahwa Artikel anda minim sekali akan informasi.

6. EXTERNAL LINK

buatlah sebuah referensi dalam Artikel anda yang nantinya bisa mengarah ke blog/website lain,  namun yang perlu anda ingat adalah cobalah bikin link ke luar atau referensi nya melalui situs situs yang sudah benar benar terkenal dan memiliki reputasi yang sangat baik di mata Google, contohnya  anda bisa membuat link ke luar melalui Wikipedia, atau langsung lewat Google.

7. INTERNAL LINK

 kemudian buatlah pada setiap artikel anda sebuah link yang menuju langsung ke dalam Blog anda, misalnya kedalam artikel yang satu kategori dengan apa yang sedang di bahas, karena hal ini juga sangat berpotensi akan SEO Anda, dan bisa membantu Blog anda berada di halaman utama mesin pencarian.

8. SOSIAL SHERING
Langkah selanjutnya adalah membagikan setiap artikel yang sudah anda buat ke Sosial media, walaupun dampaknya tidak akan terasa secara langsung, namun menurut saya hal ini sangatlah efektif dalam Teknik SEO On Page.

Namun yang perlu anda ingat adalah jangat terlalu banyak membagikan artikel ke sosial media anda, karena nantinya akan di kira oleh Google blog anda sebagai Blog Spam, bagikan sewajarnya saja, cupup satu kali setiap artikel.

kemudian jika artikel anda di komentari oleh pengunjung Blog anda, maka segeralah untuk membalas nya.

9. TEMA/TEMPLATE

langkah terakhir yang harus anda perhatikan adalah tema blog anda, cobalah untuk menggunakan tema yang responsive, Suport Mobile, dan juga Ringan,

jika anda ingin cek tema anda resvonsive atau tidak anda bisa cek di situs responsinator, kemudian jika anda ingin cek seberapa cepat loading Blog anda, maka anda bisa cek di situs Pagespeed milik Google atau juga bisa cek di situs GT Matrix.

jika kecepatan Blog anda di atas 75% maka Blog anda Terlihat normal dan stabil, namun jika Blog anda berada di bawah 75% maka Blog anda sangat lambat sekali, cobalah perbaiki beberapas saran yang di ajukan dari situs tersebut.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Langkah Awal Memulai Teknik SEO On Page,  Semoga artikel saya bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari Tentang SEO, untuk pembahasan selanjutnya Insya Allah saya akan membahas tentang Teknik SEO Off Page. jadi selamat mencoba.

 


2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *