Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

11 Juni 2020

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

11 Juni 2020

Gerakan pemanasan sebelum olahraga, gerakan ini masih di anggap sepele beberapa orang terlebih jika masih pemula dalam melakukan olahraga. Peran gerakan pemanasan sebenarnya sangat penting khususnya untuk menghindari cedera. Ada banyak sekali gerakan pemanasan yang bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan energi banyak. Energi yang lebih banyak akan anda gunakan hanya ketika olahraga, karena itu sempatkanlah untuk melakukan pemanasan pada tubuh anda.

Anda melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga dapat membuat olahraga anda menjadi lebih maksimal. Jika anda melakukan olahraga tanpa gerakan pemanasan sebelum olahraga tersebut maka akan ada kemungkinan anda mengalami cedera.

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga yang Mudah Dilakukan

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

source : pixabay.com

Sejak sekolah, kita selalu diajarkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Hal ini tentu merupakan contoh bahwa betapa pentingnya melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Berikut adalah gerakan pemanasan sebelum olahraga yang mudah anda lakukan.

Memutar Kepala

Gerakan ini biasanya langsung dilakukan di awal, yaitu dengan memutar kepala. Pastikan anda berdiri tegap dan lurus. Putar kepala anda ke kanan dan ke kiri secara bergantian sebanyak 10-20 hitungan.

Memutar Bahu

Berdiri tegak dengan jarak kaki selebar bahu anda. Luruskan lengan anda ke samping badan dan putarlah bahu anda ke dalam dan ke luar sebanyak 10 – 20 hitungan.

Memutar Lengan

Masih dengan posisi berdiri tegak kemudian rentangkan kedua tangan anda. Selanjutnya lakukanlah gerakan memutar pada lengan anda, putar ke dalam dan ke luar sebanyak 10 – 20 hitungan.

Memutar Tangan

Tidak ketinggalan untuk melakukan pemanasan pada tangan anda. Lipat kedua tangan anda kemudian arahkan ke depan. Anda dapat merasakan regangan pada otot tangan anda, kemudian arahkan kedua tangan anda ke atas bersamaan dengan melakukan jinjit. Setelah itu arahkan kedua tangan anda ke samping kiri sembari jinjitkan kaki kanan anda. Lakukan bergantian dengan sebanyak 10 hitungan.

Memutar Pinggang

Kali ini letakkan kedua tangan anda pada pinggul. Selanjutnya anda hanya perlu memutar pinggang anda ke arah jarum jam dan putar ke arah sebaliknya. Lakukanlah gerakan ini sebanyak 10 hitungan.

Memutar Lutut

Berdiri tegak dengan posisi kedua tangan masih berada di pinggang anda. Angkat kaki kanan anda hingga lutut menekuk ke depan. Selanjutnya putarlah lutut anda sesuai arah jarum jam dan lakukan pula ke arah sebaliknya. Lakukan gerakan ini bergantian dengan lutut anda yang lain, lakukan sebanyak 10 hitungan.

Manfaat Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

source : pixabay.com

Mungkin anda berpikir bahwa seluruh pemanasan sebelum olahraga di atas terkesan sepele. Meskipun begitu, efek dari seluruh gerakan tersebut sangatlah penting untuk dilakukan. Melakukan pemanasan sebelum olahraga pun tidak memakan banyak tenaga anda sehingga anda bisa tetap melakukan olahraga dengan maksimal. Ada banyak gerakan pemanasan sebelum olahraga yang bisa anda lakukan terlebih jika anda masih mengingat pemanasan yang anda lakukan ketika sekolah.

Pentingnya melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat anda rasakan ketika sudah selesai melakukan olahraga beberapa jam kemudian. Anda bisa terhindar dari rasa nyeri atau cedera ketika melakukan olahraga, otot anda bisa saja belum terbiasa atau terkejut ketika anda langsung melakukan gerakan olahraga yang berat. Karena itu pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga jika anda ingin menghindari cedera yang bisa saja mengganggu aktivitas olahraga anda selanjutnya. Jangan sampai anda kehilangan motivasi untuk berolahraga karena rasa nyeri atau cedera yang terjadi akibat kecerobohan menyepelekan gerakan olahraga. Berikut adalah manfaat gerakan pemanasan sebelum olahraga yang bisa anda dapatkan, bersumber dari alodokter.com sehingga bisa anda percaya.

  • Meningkatkan aliran darah sehingga menaikkan suhu otot yang membuat serat kolagen menjadi lebih elastis
  • Meningkatkan detak jantung
  • Melepaskan adrenalin
  • Memungkinkan sendi bekerja lebih efisien
  • Memungkinkan oksigen dalam darah beredar lebih cepat dengan volume lebih tinggi
  • Memicu aktivitas enzim sekaligus menghilangkan asam laktat
  • Meningkatkan metabolisme otot
  • Memecahkan glikogen sehingga menghasilkan energi
  • Meningkatkan elastisitas pada serat otot
  • Meningkatkan kekuatan dan kecepatan kontraksi
  • Meningkatkan konduksi impuls saraf

Baca Juga : 6 Pilihan Bisnis Otomotif yang Menguntungkan

Penutup

Jika anda membaca sampai selesai artikel ini, gerakan pemanasan sebelum olahraga, maka anda dapat mengetahui sendiri betapa pentingnya melakukan pemanasan. Selain untuk menghindari cedera,pemanasan sebelum olahraga bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh anda. Tidak perlu menghabiskan banyak energi untuk melakukannya karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga agar anda bisa melakukan olahraga dengan maksimal sampai akhir. Tidak ada pemanasan yang sia-sia karena semuanya akan menarik tubuh anda untuk terus bergerak sehingga bisa membantu anda dalam berolahraga. Perkuat motivasi anda dalam berolahraga agar anda bisa terus menjaga kesehatan tubuh sampai hari tua nanti atau mendapatkan tubuh ideal yang sudah anda impikan sejak dulu. Jika ada yang ingin anda sampaikan seperti tips, trik, dan review silahkan share di kolom komentar ya!