Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

21 November 2020

Definisi dan Cara Menghitung IPK Kuliah Terlengkap

21 November 2020

Definisi dan Cara Menghitung IPK Kuliah Terlengkap – Beberapa orang mengatakan bahwa sekolah dan kuliah itu merupakan investasi yang dilakukan orang tua ita terhadap anaknya. Membekalli anak mereka dengan ilmu pengetahuan yang diharapkan bisa bermanfaat bagi masa depan. Jika kamu menjalani program studi di bangku kuliah, tentu saja kamu akan akbrab dengan yang namanya IPK. Memang istilah yang digunakan sedikit berbeda dari jaman saat duduk di bangku sekolah, dunia perkuliahan memiliki banyak sekali istilah baru yang wajib kamu ketahui. IPK merupakan singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Dengan kat lain IPK merupakan kumpulan dari total nilai IPS yang diterima selama kuliah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai definisi IPK dan cara menghitungnya Nurhamka.com telah merangkumnya untuk anda.

Definisi dan Cara Menghitung IPK Kuliah Terlengkap

Definisi dan Cara Menghitung IPK Kuliah Terlengkap

Sebelum membahas tentang IPK, pastikan kamu telah membaca artikel di bawah ini yaa..

Baca Juga: Definisi dan Cara Menghitung IPS Terlengkap

Nah, jika kamu telah membaca artikel tersebut pasti kamu akan lebih paham mengenai IPS atau Indeks Prestasi Sementara. Hal ini tentu saja berkesinambungan jika dilihat dari singkatan yang digunakan.

1. Definisi IPK

IPK dan IPS merupakan suatu sistem penilaian akademik yang dilakukan tehadap mahasiswa selama masa kuliah. Jika IPS didefinisikan sebagai nilai yang diraih tiap semesternya, maka IPK adalah nilai akumulatif dari IPS yang diraih siswa setiap semesternya.

IPK jauh lebih penting dibandingkan IPS . Karena penentuan dari status cumlaude atau tidaknya mahasiswa dinilai dari IPK yang diraih. Selain itu juga, IPK nantinya akan dirulis pada ijazah kuliah. IPK menjadi sangat penting karena akan menjadi pertimbangan ketika kamu megajukan beasiswa maupun mencari pekerjaan. Selain skill yang dimiliki, IPK menjadi salah satu syarat masuk ke perusahaan.

Pastikan IPK kamu tidak terlalu rendah, agar kedepannya akan lebih mudah juga untuk mencari pekerjaan. Beberapa perusahaan sering memasang syarat IPK 3,00 untuk dapat masuk ke perusahaannya. Selain itu juga mempermudah kamu untuk mendapatkan beasiswa pada saat berkuliah maupun saat ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Biasanya IPS dan IPK akan otomatis terhitung oleh kampus masing-masing sehingga kamu tidak perlu repot untuk menghitungnya satu-persatu. Tapi kamu juga harus tau darimanakah angka itu berasal?

2. Pahami bobot nilai IPK dan IPS

seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya, setiap mata kuliah memiliki nilai dengan skala 0 sampai 4. Dengan angka 0 sebagai angka terrendah dan angka 4 sebagai angka tertinggi.

Penilaian ini dihasilkan dari kehadiran setiap mata kuliah (presensi), kuis, tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Skala berupa angka ini juga diwakilkan oleh huruf A hingga E. Beberapa universitas atau jurusan biasanya memiliki dasar sendiri dalam mentukan perwakilan ini. Namun pada umumnya…

Nilai A = 4
Nilai B = 3
Nilai C = 2
Nilai D = 1 (tidak lulus)
Nilai E atau F = 0 (tidak lulus)

Juga kampus yang menggunakan huruf K untuk mewakili angka 0. Kembali lagi, semua bergantung pada kebijakan kampus masing-masing.

3. Hitung IPS Setiap Semester

Perhitungan yang lebih detil menganai IPS dapat dilihat di artikel berikut ini

Baca Juga: Definisi dan Cara Menghitung IPS Terlengkap

Setelah kamu bisa menghitung IPS setiap semester, baru kamu bisa menghitung IPK yang kamu miliki.

4. Menghitung IPK

Untuk dapat menghitung keseluruhan julah nilai yang telah kamu raih dari keseluruhan semester caranya cukup mudah. Yaitu kamu hanya perlu menjumlakan smemua IPS yang telah kau hitung sebelumnya dari semester satu hingga semester dimana kamu saat ini berada. Setelah itu, hasil penjumlahan dari semua IPS tersebut kamu bagi dengan jumlah semester yang telah kamu tempuh.

Berikut ini contoh yang dapat kamu aplikasikan dalam menghitung IPK

Jika saat ini kamu telah berada di semester 7, itu tandanya kamu akan memiliki 7 nilai IPS yang berasal dari penghitungan nilai setiap semesternya.

  • Jika di IPS semester 1 kamu memperoleh nilai 3,25
  • IPS Semester 2 kamu memperoleh 3,30
  • IPS Semester 3 kau memperoleh 2,90
  • IPS Semester 4 kamu memperoleh 2,89
  • IPS Semester 5 kamu memperoleh 3,40
  • IPS Semester 6 kamu memperoleh 3,20
  • IPS Semester 7 kamu memperoleh 3,00

Maka total kamu memiliki 7 nilai IPS dengan jumlah:

3,25 + 3.30 + 2,90 + 2,89 + 3,40 + 3,20 + 3,00 = 21,94

Setelah mendapatkan total dari IPS setiap semesternya,kemudian angka tersebut dibagi sebanyak jumlah semesternya:

21,94 : 7 = 3,13

Maka total IPK yang kamu peroleh hingga semseter 7 adalah 3,13

5. Kenapa Nilai IPK harus baik ?

Mudah bukan? Nah, mulai saat ini kamu perlu memanagemen nilai IPS kamu agar tetap memiliki IPK sesuati dengan target yang kamu inginkan. Meskipun semua hal tidk dapat dinilai dengan angka dan huruf, namun memperoleh nilai yang baik tentu saja akan membawa dampak yang positif kepada kamu. Jad, tidak ada salahnya untuk berjuang mendapatkan nilai yang baik.

Karena perusahaan yang memasang syarat IPK 3,00 akan langsung mengeliminasi pelamar yang memilliki IPK dibawah 3,00. Hal ini tetap terjadi meskipun kamu memiliki softskill, hardskill, dan pengalaman yang jauh lebih baik daripada IPK yang kamu miliki. Skill dan pengalaman yang kamu miliki akan bermanfaat ketika ada orang yang merekomendasikan kamu kepada sebuah perusahaan atau instansi, oleh karena itu beraul pada saat kuliah juga merupakan salah satu pembuka jalan menuju kesuksesan.

IPK juga menjadi penting ketika kmau ingin mendaftar ke instansi pemerintahan. perusahaan yang baik tentu saja memiliki pelamar yang sangat banyak. Dengan IPK yang biasa-biasa saja, kamu akan memiliki saingan yang sangat banyak. Kompetisi untuk mendapatkan suatu jabatan terutama bagi fresh graduate.

Karena sekarang kamu sudah tau cara menghitung IPK, tidak ada lagi alasan untuk kuliah sembarangan. Resiko yang dihasilkan juga cukup besar. Jika kamu mendapatkan nilai C ada baiknya mengulang di semester sebaiknya utntuk memperbaiki IPK yang kamu miliki. Tapiiii… meskipun bisa mengulang di semester setelahnya, ada baiknya berusaha dulu yang terbaik pada saat mengambil mata kuliah tersebut. Sudah buang uang dan tenaga tapi hasilnya tidak maksimal pasti akan tetap menyusahakan kamu juga pada akhirnya.

Terutama bagi kamu yang kuliahnya dibiayai oleh orang tua, jangan sampai mengecewakan mereka yaa.. orangtua sudah mau berusaha untuk membiayai kuliah dan biaya hidup kamu selama kos, masa mau santai-santai aja.

Penutup

Itu dia definisi dan cara menghitung IPK yang telah Nurhamka.com rangkum untuk kamu. Semoga setelah ini kamu menjadi paham bagaimana cara menghitung IPK yang benar. tetap semangat untuk meraih IPK terbaik dan lulus tepat waktu ya. Tetap kunjungi Nurhamka.com untuk terus mendapatkan informasi mengenai pendidikan, bisnis, dan travelling. Semoga Bermanfaat.