Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

3 Oktober 2020

Daftar Gaji Lulusan 8 Sekolah Kedinasan Terlengkap

3 Oktober 2020

Daftar Gaji Lulusan 8 Sekolah Kedinasan Terlengkap – Sekolah tinggi kedinasan merupakan salah satu incaran bagi banyak orang. Karena lulusan dari sekolah yang terikat dibawah kementrian atau lembaga negara ini dianggap memiliki kredibilitas yang baik. Lulusan sekolah ini secara langsung akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Meskipun Pemerintah masih memberi gaji yang relatif sama, Namun besaran gaji pokok aparatur negara telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015. Berikut ini daftar 8 Sekolah Kedinasan beserta dengan Gajinya.

Daftar Gaji Lulusan 8 Sekolah Kedinasan Terlengkap

Daftar Gaji Lulusan 8 Sekolah Kedinasan Terlengkap

1. PKN STAN (Kementrian Keuangan)

Jika anda bercita-cita bekerja menjadi bagian dari Kementrian Keuangan atau Direktorat Jenderal Pajak, PKN STAN merupakan pilihan yang tepat. Menurut Perpres Nomor 37 Tahun 2015 yang mengatur tunjangan para pegawai kementrian, telah ditetapkan bahwa tunjangan yang diterima antara Rp. 5,36 Juta hingga Rp. 117,375 Juta. STAn merupakan Sekolah Kedinasan yang paling diincar karena memiliki gaji dan tunjangan yang dapat dibilang cukup tinggi.

Karena memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia, maka jangan heran apabila penempatan kerjanya juga bisa dimanapun. Selain itu juga anda bisa dimutasi dari satu tempat ke tempat lain dalam hitungan bulan saja.

Semua lulusan PKN STAN akan bisa diterima kerja di semua bagian Kementrian Keuangan. Namun, beberapa saat lalu Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, menyatakan bahwa sekarang lulusan PKN STAN bisa saja mendapatkan pekerjaan di Kementrian lain. Ada 10 Kementrian tau Lembaga yang akan menerima lulusan PKN STAN:

  1. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
  2. Badan Pengawas keuangan dan Pembangunan (BPKB)
  3. Kementrian Perhubungan (Kemenhub)
  4. Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian
  5. Kementrian Pertahanan
  6. Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi
  7. Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman
  8. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional
  9. Badan Ekonomi Kreatif
  10. Badan Narkotika Nasional

2. IPDN (Kementrian Dalam Negeri)

Lulusan dari Sekolah tinggi ini akan bekerja dibawah Kementrian Dalam Negeri. Para Lulusan ini berhak mendapatkan tunjangan kerja antara Rp. 1,93 Juta hingga Rp. 27,57 Juta.

3. STSN (Badan Siber dan Sandi Negara)

STSN aatau sering disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan sekolah tinggi dibawah Bdan Siber dan Sandi Negara. Usai Presiden Joko Widodo meresmikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2018, tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara pemerintah secara resmi akan memberikan tunjangan kepada para pegawai mulai dari Rp. 1,97 juta hingga Rp. 26,32 juta.

4. POLTEKIP dan POLTEKIM (Kementrian Hukum dan HAM)

Selain Keempat Sekolah Kedinasan diatas, sekolah kedinasan di bawah kementrian lainnya adalah POLTEKIP dan POLTEKIM. Lulusan dari Sekolah tinggi ini akan bekerja dibawah Kementrian Hukum dan HAM. Para Lulusan ini berhak mendapatkan tunjangan kerja antara Rp. 1,93 Juta hingga Rp. 27,57 Juta.

5. STIN (Badan Intelijen Negara)

STIN atau yang sering disebut juga dengan Sekolah Tinggi Intelegensi Negara merupakan sebuah sekolah Kedinasan program Diploma IV. Sekolah Tinggi ini dikelola oleh Badan Intelijen Negara. Tunjangan kinerja yang diberikan oleh pemerintah sebesar Rp. 1,96 juta hingga Rp. 26,32 juta.

6. POLITEKNIK STATISTIKA (Badan Pusat Statistik)

Sementara itu, Politeknik Statistika atau STIS milik Badan Pusat Statistik. Lulusan dari Sekolah tinggi ini juga langsung menjadi PNS dengan tunjangan kinerja yang akan didapatkan berkisar antara Rp. 1,96 juta hingga Rp. 26,32 juta.

7. STMKG (Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika)

STMG atau yang sering disebut juga dengan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga merupakan sekolah tinggi miliki Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Lulusan dari STMKG akan otomatis menjadi PNS dan bekerja di bawah Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika. Para lulusan ini berhak untuk menerima tunjangan kinerja antara RP. 1,76 juta hingga Rp. 22,84 Juta.

8. 11 Sekolah Tinggi, POLTEK, dan Akademi (Kementrian Perhubungan)

Sementara itu, kementrian pehubungan juga memiliki banyak sekali Politeknik dan Akademi yang merupkaan perguruan tinggi yang memiliki ikatan kedinasan dengan Kementrian Perhubungan. Lulusan dari Sekolah tinggi ini akan mendapatkan tunjangan kinerja sebesar Rp. 1,96 juta hingga Rp. 26,32 juta.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah untuk Anak SMA

Penutup

Itu dia daftar gaji dari lulusan 8 sekolah kedinasan dibawah kementrian yang ada di Indonesia. Tunjangan dan gaji yang didapatkan ini dibedakan menjadi beberapa golongan dengan rincian tertentu. Gaji tersebut dapat ditentukan dari lama bekerja, jabatan, dll.

Setiap lulusan dari Sekolah Tinggi ini akan langsung memiliki ikatan dians dengan instansi masing-masing. Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan pekerjaan setelah melaksanakan sekolah tinggi. Setelah lulus, akan langsung disalurkan di instansi yang menyelenggarakan pendidikan kedinasan tersebut selama beberapa tahun.

Sumber informasi ini didapatkan dari beberapa website resmi pemerintah. Semoga Bermanfaat! Terus Ikuti Nurhamka untuk terus update mengenai Pendidikan, Bisnis, dan Wisata.