Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

10 Juni 2020

9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo

10 Juni 2020

9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo – Selain Jogjakarta, Solo memiliki pesona tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pesona wisata dan budayanya membuat wisatawan selalu ingin datang kembali. Bahkan salah satu sungainya terabadikan menjadi salah satu lagu keroncong yang melegenda, Bengawan Solo. Menariknya, Presiden Joko Widodo pernah menjabat sebagai Walikota Solo sebelum mengundurkan diri ketika terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

Salah satu hal yang membuat rindu pada kota ini adalah kulinernya. Rasa yang khas dengan masyarakat yang terkenal ramah membuat lidah selalu rindu untuk merasakannya.

Berikut 9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo

1. Nasi Liwet

Dari semua daftar makanan, Nasi Liwet merupakan makanan wajib untuk dinikmati. Hidangan ini terdiri dari nasi gurih, sayur jipang, telur bacem, ayam suwir, dengan kuah opor yang disajikan dengan daun pisang yang di pincuk.

Nasi Liwet sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan di Kota Solo, terutama di wilayah Mangkunegaran. Harganya berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 19.000 saja untuk semua menu lengkap. Salah satu yang menjadi ikon di adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari.

9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo

2. Serabi Solo

Serabi Notosuman memang sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, tetapi jika kamu ingin mencoba yang asli datanglah ke Solo. Sudah lebih dari 100 tahun Serabi Notosuman sukses mempertahankan cita rasa yang dimilikinya. Perpaduan antara manis gula, gurih santan, dan tekstur yang lembut merupakan kombinasi yang nikmat. Proses pembuatannya pun tetap menggunakan cara tradisional, sebagai upaya untuk menjaga cita rasanya. Harganya mulai dari Rp. 1.800 per buah.

9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo

3. Selat Solo

Pernah menjadi salah satu daerah yang diduduki Belanda, membuat kuliner Indonesia mendapatkan pengaruh dari budaya Belanda. Salah satunya adalah selat solo. Mirip dengan steak di Eropa, Selat Solo ini terdiri dari potongan daging bistik khas jawa yang disajikan bersama dengan wortel, tomat, buncis, potongan kentang goreng, irisan telur pindang, acar bawang goreng, dan saus mayonais. Warung Selat Mbak Lies menyediakan menu ini dengan harga Rp. 16.000 saja untuk satu porsinya.

Baca Juga: 6 Pilihan Bisnis otomotif yang Menguntungkan

 

9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo

4. Timlo Solo

Ingin mencicipi makan segar yang berkuah? Anda  harus memasukkan Timlo Solo dalam daftar anda. Sesuai dengan namanya, Timlo merupakan makanan khas solo yang harus dicoba. Hidangan berkuah ini terdiri dari suwiran ayam, telur, mie soun, sosis solo, wortel, dan telur pindang. Bisa juga ditambahkan hati ayam atau telur dadar sebagai pelengkap. Bisa dinikmati juga dengan nasi. Hidangan ini bisa and cicipi di Warung Timlo Solo Sastro di Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan mulai dari Rp. 7.000 hingga Rp. 18.000 untuk paket lengkap.

9 Kuliner Wajib Mengunjungi Kota Solo

5. Tahu Kupat

Tahu kupat ini bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp. 7.000 hingga Rp. 10.000 rupiah saja. Makanan yang terdiri dari ketupat, mie basah, taoge, tahu goreng, bakwan goreng yang sudah dipotong-potong dengan taburan kacang goreng diatasnya. Kemudian disiram dengan kecap manis encer dengan taburan bawang goreng. Dinikmati bersama kerupuk dan telur dadar akan menambah selera makan anda.

6. Sate Buntel

Anda penikmat sate kambing, sate buntel manjadi salah satu makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Solo. Terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian dibungkus menggunakan lapisan lemak tipis yang kemudian dibakar memberikan kenikmatan tersendiri. Lemak yang terbakar mengeluarkan aroma khas pada sate ini. Seperti sate kambing pada umumnya, sate buntel dinikmati dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, daun kol, jeruk nipis dan cabe rawit. Di Warung Sate Buntel Mak Galak yang terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro No.112 ini, harga satu porsi mulai dari Rp. 35.000.

7. Tengkleng Kambing

Tengkleng hampir mirip dengan gulai, namun memiliki kuah yang lebih cair. Tempat yang tepat untuk mencicipi makanan ini adalah Warung Tengkleng Klewer  Bu Edi yang terletak di Pasar Klewer Solo. Mulai dari Rp. 25.000 anda bisa menikmati seporsi tengkleng kambing yang disajikan di atas pincuk yang menambah kenikmatan tersendiri.

8. Es Dawet Telasih

Lelah setelah berkeliling Pasar Gede? Saatnya menikmati yang segar-segar sembari beristirahat. Es Telasih Bu Dermi di Jalan Ir. Juanda ini dapat dinikmati dengan harga Rp. 8000 rupiah saja per porsinya. Yang membuat dawet ini berbeda dari dawet lainnya adalah penggunaan selasih yang ditambahkan pada campuran dawet, santan, dan gula jawa. Biasanya Es Dawet Telasih juga dinikmati dengan beragam bubur, seperti bubur sum-sum atau bubur mutiara.

9. Es Gempol Pleret

Satu lagi hidangan es yang dapat dinikmati setelah berkeliling Kota Solo. Anda juga dapat menikmatinya di kawasan Pasar Gede. Satu porsi kuliner legendaris ini dijual seharga Rp. 7.000. Es ini terdiri dari gempol dan pleret yang berbahan dasar tepung beras disiram dengan kuah santan dan diberi air gula jawa. Dinikmati dengan es membuatnya terlihat menggoda, terutama ketika merasa haus.

Penutup

Itu tadi beberapa kuliner khas yang bisa anda coba ketika berwisata ke Kota Solo. Dijamin, semua menu diatas akan menggoyang lidah anda dan membuat anda rindu akan kota yang tenang ini. Semoga bermanfaat!