Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

23 November 2020

8 Tips dan Definisi Pilot Project Terlengkap

23 November 2020

8 Tips dan Definisi Pilot Project Terlengkap – Saat ini banyak sekali pengembang teknologi mobile yang menggunakan Pilot Project sebelum benar-benar meluncurkan produk mereka. Terutama para pemilik Start Up, pilot project ini dianggap sebagai proyek penelitian. Mereka memiliki sebuah misi untuk membuktikan sebuah hipotesis atau dugaan yang fokus pada proporsi nilai yang dimilikinya. Jika kamu masih asing dengan istilah Pilot Project, Artikel Nurhamka.com ini sangat cocok untuk kamu. Terutama ketika kamu ingin memulai start up. Berikut ini penjelasan mengenai Pilot Project yang telah Nurhamka rangkum untuk kamu.

8 Tips dan Definisi Pilot Project Terlengkap

8 Tips dan Definisi Pilot Project Terlengkap

Definisi Pilot Project

Pilot Project merupakan proyek yang dirancang untuk percontohan atau uji coba. Pilot project dirancang sebagai pengujian atau trial dalam rangka mengetahui dan menunjukkan keefektifan pelaksanaan suatu program. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari pelaksanaan program tersebut. Hal ini penting dilakukan oleh suatu start up sebagai sebuah landasan mendasar untuk mendefinisikan alasan, tujuan, dan alokasi sumber daya yang tepat. Start up bisa dianggap sebagai suatu penelitian, dan pilot project ini adalah suatu percobaan terhadap penelitian tersebut.

Pendanaan Pilot Project

Untu dapat menjalankan pilot project tentu saja membutuhkan investasi. Dalam melakukan investasi, tentu saja investor berharap untuk mendapatkan hasil untuk mengimprovisasi atau mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Ketika nilai investasi, tindakan, dan hasil dapat terdefinisi dengan jelas dan dijalankan dengan benar, settidaknya data dari uji coba ini dapat digunakan untuk membantu memvalidasi hipotesis yang telah disusun. Hal inilah yang menentukan apakah bisnis akan dilanjutkan, pivot, atau bahkan dibatalkan.

Seperti halnya dalam bisnis, Start up tentu saja harus memperhatikan tipikal pelanggan. Sehingga mereka dapat menyusun rencana yang lebih spesifik. Langkah-langkah tersebut juga bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kredibilitaas yang dimiliki oleh founder dan co-founder.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Pilot Project

Sebagai langkah awal untuk memulai bisnis, hal ini dapat dilakukan untuk menjangkau konsumen secara langsung. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dalam pelaksanaan pilot project. Founder harus pandai-pandai membaca situasi dalam meraih hari pelanggan.

Biasanya, di dalam pilot project disediakan video ataupun akun demo yang mudah dijangkau dan dimengerti oleh pelanggan. Video tersebut berisi tentang manfaat yang dapat diperoleh oleh pelanggn jika menggunakan produk yang mereka miliki, mirip seperti iklan. Pilot project ini juga memiliki tujuan untuk menimbulkan rasa kecintaan terhadap produk oleh pelanggan secara kuantitatif.

Pilot project biasanya dikeluarkan dalam jumlah yang terbatas sesuai dengan jumlah investasi yang dikeluarkan. Yang kemudian digunakan untuk menjawab hipotesa apakah produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat atau tidak. Hasil dari pilot project ini juga dapat digunakan sebagai evaluasi terhadap produk yang telah dibuat.

Tetap Maju Meskipun Banyak Kesalahan

Dalam percobaan pasti memiliki banyak keurangan yang tidak diduga sebelumnya, tidak mungkin langsung berjalan dengan sempurna. Meskipun hal itu terjadi, bukan berarti kamu harus berhenti melakukannya. Justru dampak yang dihasilkan selama pilot project dapat dijadikan bahan evaluasi untuk produk tersebut.

Disinilah kemampuan negosiasi yang dimiliki oleh founder dan co-founder diperlukan. Ketika sebuah pilot project tidak berjalan dengan lancar, tentu saja dibutuhkan dana untuk menjalankan pilot project kedua yang telah direvisi. Founder dan Co-founder harus mampu meyakinkan investor tentang tujuan yang dimiliki start up dalam mengembangkan bisnisnya. Kesalahan ang telah dibuat sebelumnya dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk langkah berikutnya yang lebih matang.

Tips Menjalankan Pilot Project

Berikut ini bebrapa tips yang dapat dijadikan acuan untuk memastikan pilot project start up dapat dilakukan secara tepat

  1. Menyusun beberapa hipotesis dan tujuan yang terdefinisikan dengan detil dan baik.
  2. Semua keputusan yang dibuat berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif yang valid. Data ini sangat penting ketika sedang menyusun tidakan untuk perbaikan.
  3. Setiap fitur dan percobaan yang dilakukan untuk pengembangan harus benar-benar dipahami dampak dan perubahan yang aan dihasilkan.
  4. Dalam memilih sampel harus dipikirkan mengenai populasi yang cukup dan bervariasi.
  5. Pastikan produk yang dihasilkan telah benar-benar selesai melalui pengujian secara menyeluruh dari berbagai sisi penggunaan. Hal ini penting dilakukan untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan selama pilot project.
  6. Hal yang sangat esensial dalam melaksanakan pilot project adalah akuntabilitas dalam tim.
  7. Pelanggan atau sampel harus melakukan pilot project ini secara mandiri agar dapat memberikan msukan yang jujur secara langsung mengenai produk tersebut. Selain itu pendapat para sampel ini harus diteruskan secara otomatis dalam layanan untuk menghimun data.
  8. Dalam melaksanakan pilot project, semua pelanggan atau sampel tidak perlu bertahan dari awal hingga akhir. Hal ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan mamp memfilter kategori teraik yang diminati oleh mayoritas pelangan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Divisi dan Departemen?

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai 8 Tips dan Definisi Pilot Project Terlengkap semoga bermanfaat agi anda yang sedang membangun start up. Ikuti terus Nurhamka.com untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis, travelling, pendidikan, dan olahraga.