Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

20 September 2020

7 Rekomendasi Wisata Jawa Tengah + Link GMaps

20 September 2020

7 Rekomendasi wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Provinsi ini memiliki banyak ragam tempat wisata yang menarik yaitu mulai dari situs peninggalan sejarah, wisata alam, dan masih banyak tempat menarik lainnya. Rasakan pengalaman seru berkeliling di Jawa Tengah

7 Rekomendasi Wisata Jawa Tengah

Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman, atau pasangan anda untuk menikmati pesona wisata Jawa Tengah. Ambil pulpen dan kertas lalu catat tempat mana saja yang ingin anda kunjungi. Berikut adalah 7 rekomendasi tempat wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi:

1. Candi Borobudur

7 Rekomendasi Wisata di Jawa Tengah
Source: Google Maps

Tempat wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur, sebuah candi Budha terbesar di dunia dan pernah masuk dalam data 7 keajaiban dunia. Candi ini berdiri di area yang sangat luas dan dikelilingi bukit-bukit hijau nan indah. Nikmati keindahan alam sekitar Borobudur dengan naik ke puncak candi.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa tengah.
Kisaran Harga Tiket: Rp25.000 – Rp50.000
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 06.00 – 17.000

Klik di sini untuk link GMaps: Candi Borobudur

2. Lawang Sewu

7 Rekomendasi Wisata di Jawa Tengah
Source: Google Maps

Bangunan ini pernah menjadi kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia – Belanda dan sekarang sudah berubah menjadi museum yang sangat ikonik di Semarang. Bangunan kuno megah dengan desain eropa ini dikenal masyarakat dengan sebutan Lawang Sewu karena memiliki banyak sekali pintu dan jendela. Tempat ini cocok untuk anda yang suka dengan fotografi berlatar belakang bagunan vintage. Jika tertarik dengan sisi sejarahnya, anda bisa menyewa tour guide yang akan menjelaskan lebih detail.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 06.00 – 19.00
Kisaran Harga Tiket: Rp10.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Lawang Sewu

3. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta
Source: Google Maps

Merupakan sebuah bangunan kerajaan di Surakarta yang masih asli dan tetap menjaga tradisinya. Komplek keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan sebagian dijadikan museum untuk menyimpan berbagai macam koleksi kasunanan seperti gamelan, kereta kencana, senjata kuno dan lainnya. Jika beruntung anda bisa melihat upacara-upacara adat yang diselenggarakan pada tanggal tertentu di area komplek keraton.

Lokasi: Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57144
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 09.00-15.00 (Jum’at libur)
Kisaran Harga Tiket: Rp10.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Keraton Surakarta Hadiningrat

4.    Taman Nasional Karimunjawa

7 Rekomendasi Wisata di Jawa Tengah
Source: Google Maps

Sebuah surga terpencil di Jawa Tengah yang memiliki air laut biru dan batu karang cantik. Ada banyak olahraga yang bisa anda lakukan, seperti snorkeling, diving, sailing dan bersantai di pantai menikmati suasananya. Jika anda pecinta satwa, jangan lupa berkunjung ke konservasi penyu dan melihat bayi-bayi penyu di sana.

Lokasi: Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket: Rp7.500

Klik di sini untuk Link GMaps: Taman Nasional Karimunjawa

5. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir
Source: Google Maps

Bukit ini terkenal dengan sebutan Golden Sunrise karena keindahan matahari terbitnya yang bisa wisatawan nikmati di puncak. Untuk menuju puncak, anda hanya menempuh waktu 30 menit saja. Tips untuk anda yang ingin ke puncaknya, yaitu pastikan anda dalam keadaan badan yang fit, memakai pakaian hangat seperti jaket tebal, menyewa penginapan yang tidak jauh agar anda tidak telat menikmati momen matahari terbit.

Lokasi: Jl. Dieng, Karang sar, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, 53456
Jam Masuk: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket: Rp10.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Bukit Sikunir Dieng

6. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck
Source: Google Maps

Merupakan sebuah sejarah yang memiliki bangunan dengan gaya arsitektur Belanda dan dinding yang berwarna merah. Tempat cocok untuk anda yang suka fotografi dengan latar belakang bangunan benteng yang besar dan unik. Dulu bangunan ini dibuat sangat kokoh oleh Belanda pada masa penjajahan sebagai benteng pertahanan Belanda, oleh sebab itu jangan heran jika atap benteng ini terdapat kereta yang bisa membawa anda berkeliling di atap benteng. Bagi anda yang datang membawa anak-anak, tempat ini menyediakan playground.

Lokasi: Jl. Sapta Marga, No. 100, Sidayu Tengah, Sidayu, Kec. Gombong. Kab. Kebumen. Jawa Tengah.
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 08.00 – 15.00
Kisaran Harga Tiket: Rp25.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Benteng Van Der Wijck

7. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi
Source: Google Maps

Sebuah cocok untuk anda yang ingin tempat yang tidak ramai dan mencari ketenangan. Tidak jarang pula orang yang datang ke sini ini untuk bersemedi. Telaga ini memiliki air yang jernih dari lereng Gunung Slamet. Untuk anda hobi snorkeling, tepat in cocok untuk anda karena memiliki panorama bawah air yang cantik. 

Lokasi: Limpak Luwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah 53183
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 07.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket: Rp10.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Telaga Sunyi

 Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Pattaya + Link GMaps

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui 7 rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi. Sekarang atur jadwal liburan anda karena bisa jadi tempat yang akan dikunjungi akan ramai pengunjung. Persiapkan segala kebutuhan anda sebelum pergi agar liburan anda lebih nyaman dan aman. Ajak keluarga, teman, atau pasangan agar perjalanan lebih seru.  Jika berlibur bersama anak-anak, pastikan tidak lepas dari genggaman anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Jika ada saran lain bisa ditulis di kolom komentar ya!