Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

8 Juni 2020

6 Pilihan Bisnis Otomotif yang Menguntungkan

8 Juni 2020

6 Pilihan Bisnis Otomotif yang Menguntungkan – Otomotif merupakan hal-hal yang berkaitan dengan kendaraan atau alat transportasi. Untuk anda yang memiliki hobi atau talenta dalam bidang otomotif, bergabung dalam bisnis otomotif bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya gadget, kebanyakan orang di era globalisasi ini menjadikan kendaraan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Bisnis ini tidak hanya di bidang barang, tetapi juga dalam bisa jasa. Pasar yang bisa dicapai oleh bisnis dalam bidang jasa meliputi semua kalangan, mulai dari masyarakat awam hingga para riders dan drivers.

6 Pilihan Bisnis Otomotif yang Menguntungkan

1. Bengkel Service

Bengkel service merupakan kebutuhan setiap pengguna kendaraan. Semakin sering dipakai, performa kendaraan akan semakin menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan service berkala agar performa kendaraan tetap terjaga. Tidak hanya menyediakan jasa perbaikan kendaraan, bengkel service juga sebaiknya menyediakan sparepart untuk mengganti komponen yang rusak. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan konsumen dalam menservis kendaraan.

2. Bengkel Modifikasi

Tidak hanya bengkel service, terdapat juga bengkel modifikasi. Bengkel modofikasi ini merupakan bisnis yang menguntungkan. Karena kebanyakan orang yang memodifikasi kendaraan mereka rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk memenuhi keinginan mereka. Akan tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas yang sesuai. Tidak hanya untuk kendaraan pribadi, konsumen bengkel modifikasi in juga meliputi usaha yang dimiliki konsumen. Contohnya seperti usaha makanan dan minuman.

 

Baca Juga: Cara Ampuh Mendapatkan Banyak Pengunjung

 

6 Pilihan Bisnis otomotif yang menguntungkan

3. Jasa Cuci

Menjaga agar kendaraan tetap bersih dan menarik adalah hal penting bagi setiap orang. Tetapi tidak semua orang mau dan bisa untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, jasa cuci mobil merupakan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Tidak hanya menyediakan jasa cuci mobil atau motor, anda juga bisa menyediakan jasa mencuci helm dalam jasa yang ditawarkan. Helm juga merupakan komponen penting dalam setiap pengguna motor.

 

4. Kursus Menyetir

Kursus menyetir telah menjadi tren akhir-akhir ini. Hal ini terjadi karena kebutuhan orang semakin meningkat, sehingga para konsumen membutuhkan kemampuan yang baik dalam menyetir. Kursus ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat yang memakai mobil sebagai kendaraan pribadi. Tidka hanya menyediakan jasa menyetir, anda juga bisa memberikan jasa pembuatan SIM dan STNK.

 

5. Toko Sparepart

Sparepart telah menjadi hal wajib bagi kendaraan. Baik untuk menggantikan yang telah rusak parah atau karena sudah lama dipakai. Kualitas sparepart yang baik merupakan dambaan bagi setiap pengguna kendaraan. Oleh karena itu, penyedia sparepart berkualitas banyak dicari oleh konsumen. Salah satunya adalah bengkel service. Anda bisa menjadi penyedia bagi beberapa bengkel service dalam bisnis ini.

 

6. Jasa Pemasangan GPS

GPS atau Global Positioning System merupakan teknologi untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan. Teknologi ini saat ini banyak digunakan oleh para penyedia jasa rental mobil. Tidak hanya bisa menyediakan jasa pemasangan GPS, anda juga bisa menyediakan jasa pemasangan CCTV, autolock, alarm pendeteksi maling atau teknologi pencegah pencurian kendaraan lainnya. Hal ini menjadi sangat penting bagi para pemilik kendaraan untuk mengindari dan mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan.

 

Penutup

Itu tadi beberapa pilihan bisnis dalam bidang otomotif yang bisa anda lakukan. Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan komunitas otomotif dalam melakukan bisnis di bidang ini. Komunitas ini berfungsi sebagai media untuk menyebarkan informasi terkait bisnis yang anda lakukan. Selain itu, anda juga bisa membuat iklan dilaman sosial media anda hingga membuat website resmi untuk jasa yang anda sediakan. Semoga bermanfaat!