Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

20 November 2020

20 Rekomendasi Wisata Lumajang + Link Gmaps

20 November 2020

20 Rekomendasi Wisata Lumajang yang sangat indah dan akan menjadi momen tak terlupakan bagi anda dan orang-orang tercinta. Lumajang memiliki banyak pesona alam dan tempat rekreasi yang keren untuk anda jadikan tempat berlibur dan menghilangkan seluruh penat. Anda yang sedang kebingungan untuk memilih tempat wisata maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Lumajang yang indah. Ia memiliki pesona alam yang luar biasa, tentu saja bagi anda yang mencintai keindahan alam ini merupakan surga.

Bagi anda yang menyukai mendaki pun tenang saja, Lumajang memiliki wisata pendakian yang sudah terkenal. Karena itu siapkan tanggal dan waktu yang tepat untuk berlibur karena bisa saja tempat wisata pilihan anda akan ramai dengan pengunjung nantinya. Jangan lupa untuk mengundang orang-orang tercinta yang mampu membuat liburan anda menjadi terasa lebih menyenangkan. 20 Rekomendasi Wisata Lumajang akan membantu anda dalam mengetahui beberapa info penting yang tidak boleh anda lewatkan.

20 Rekomendasi Wisata Lumajang

Siapkan catatan anda untuk membuat daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi sesuai keinginan anda. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa peralatan yang bisa mendukung liburan anda menjadi terasa lebih menyenangkan. Berikut adalah 20 Rekomendasi Wisata Lumajang yang wajib anda kunjungi! Dilengkapi dengan Google Maps untuk mempermudah anda mencapai lokasi tujuan!

Gunung Semeru

7 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Phinemo

Para pecinta gunung pasti tahu betul mengenai Gunung Semeru ini. Gunung yang memiliki puncak tertinggi di pulau Jawa ini merupakan suatu tantangan tersendiri untuk para pendaki yang ingin menaklukan gunung-gunung di Indonesia. Meskipun begitu, bagi siapa pun yang berhasil mencapai puncak akan mendapatkan prestasi tersendiri yang sangat memuaskan. Untuk menjadi saksi keindahan gunung ini anda perlu menyiapkan mental, fisik, pengalaman atau pemandu yang sudah berpengalaman, serta perlengkapan yang memenuhi standar.

Lokasi : Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
Jam Buka : 24 Jam
Kisaran Harga Tiket : Rp24.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Gunung Semeru

Coban Sewu

7 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Dikatakan sebagai air terjun terindah di Jawa bahkan Indonesia, maka anda wajib menyaksikan keindahan air terjun ini. Kenakan alas kaki yang aman dan nyaman sekiranya untuk melewati jalur yang terjal dan licin ketika pulang nanti. Pemandangan yang disajikan di tempat ini sangatlah indah dan mampu membuat anda terpana dengan pesona alamnya yang luar biasa.

Lokasi : Besukcukit, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur 65183
Jam Buka : 06.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket : Rp15.000 – Rp20.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Coban Sewu

Ranu Pani

Ranu Pani
source : en.wikipedia.org

Merupakan objek wisata berupa danau yang sangat indah, membuat anda merasa seperti di dunia dongeng. Anda juga akan melewati desa, sebaiknya jaga tata krama dan bertegur sapa pada mereka maka anda pun akan diperlakukan dengan baik. Selain itu, di sini pun anda dapat menemui para pecinta alam lainnya yang tengah mengagumi keindahan danau ini. Anda bisa berkemah bersama keluarga, jangan lupa untuk membawa pakaian yang tebal atau jaket agar tidak kedinginan.

Lokasi : Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Jam Buka : 24 Jam
Kisaran Harga Tiket : Rp5.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Ranu Pani

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
source : blog.tripcetera.com

Siapa yang tidak mengenal tempat satu ini yang sudah sangat terkenal dengan keindahannya yang membuat anda merasa seperti di surga kecil. Anda bisa mendirikan tenda di sini dan berkumpul bersama para pecinta alam lainnya, kebersamaan di tengah alam pun akan terasa semakin hangat. Tempat ini akan membuat anda terus merindukan keindahannya dan ingin kembali. Jagalah kebersihan agar generasi penerus bisa ikut menjadi saksi keindahan alam ini.

Lokasi : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia
Jam Buka : 24 Jam
Kisaran Harga Tiket : Rp5.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Ranu Kumbolo

Air Terjun Kapas Biru

7 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Keindahan lain yang wajib anda saksikan ketika mengunjungi Lumajang. Untuk mencapai tempat ini maka anda harus melewati sedikit jalur yang cukup ekstrim. Selain itu siapkan perbekalan seperti air minum agar anda tidak mudah kelelahan selama berjalan untuk berangkat dan pulang. Perjalanannya memang terkesan panjang dan ekstrim meskipun begitu saat anda tiba dan menyaksikan keindahan air terjun ini maka rasa lelah anda akan langsung musnah.

Lokasi : Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374
Jam Buka : 24 Jam
Kisaran Harga Tiket : Rp10.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Air Terjun Kapas Biru

Ranu Regulo

Ranu Regulo
source : Google Maps

Tempat yang sangat indah dan bisa menjadi spot foto yang keren bahkan untuk mencapai lokasi danau ini pun terbilang cukup mudah. Anda bisa melaksanakan camping di sini bersama teman atau keluarga, jika malas tidur di tenda ada juga home stay. Jadi anda masih bisa menikmati keindahan danau ini kapan pun dan menyaksikan panoramanya yang berubah seiring waktu. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya atau membawa sampah anda sampai menemukan tempat sampah, karena banyaknya tangan-tangan iseng maka jadi banyak sampah yang berceceran dan mengurangi keindahan tempat ini.

Lokasi : Ranupane Satu, Ranupani, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361
Jam Buka : 24 Jam
Kisaran Harga Tiket : Rp19.000 – Rp24.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Ranu Regulo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
source : Google Maps

Memiliki pemandangan yang sangat memukau, tempatnya pun sejuk dan asri sehingga membuat siapa pun merasa nyaman disini. Bagi para pendaki tempat ini adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi, banyak sekali hal-hal seru yang bisa anda rasakan di sini. Kebersamaan dan panorama yang sangat indah akan membuat anda merasa nyaman dan selalu merindukan tempat ini. Nikmati liburan dengan tema alam dan kebersamaan dengan mengunjungi tempat ini bersama orang-orang tercinta agar bisa menjadi momen tak terlupakan.

Lokasi : terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo
Jam Buka : 24 Jam
Kisaran Harga Tiket : Rp19.000 – Rp24.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Puncak B29

Puncak B29
source : Google Maps

Puncak ini berada di sebelah timur-tenggara kawasan Gunung Bromo. Sesampainya di puncak, mata anda akan disuguhkan  dengan keindahan kaldera Bromo, puncak Mahameru, Gunung Ireng, terbit dan tenggelamnya matahari.

Lokasi: Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: 24 Jam

Klik di sini untuk Link Google Maps: Puncak B29

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu
source : Google Maps

Keunikan destinasi wisata ini yaitu terdapat air terjun yang memiliki banyak sumber air dan mengikuti bentuk tebing sehingga membentuk seperti tirai. Air terjun ini sudah tersohor sampai akhirnya banyak turis asing yang datang. 

Lokasi: Jl. Sidomulyo, Besuk Cukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 07.00 – 15.00 
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp20.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Sumber Telu

Air Terjun Sumber Telu
source : Google Maps

Kebersihan dan dan kealamian di lokasi air terjun yang masih terjaga membuat para wisatawan puas datang ke sini. Bila memutuskan untuk mampir, ada kabar gembira untuk anda yaitu lokasi air terjun tidak jauh dari area parkir jika.  Tentu hal tersebut sangat menguntungkan bagi anda karena akan menghemat waktu dan energi.

Lokasi: Jl. Raya Dampit – Lumajang No 32, Pronojiwo, Mulyoarjo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl  07.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Air Terjun Sumber Telu

Goa Tetes

Goa Tetes
source : Google Maps

Letaknya goa ini tidak jauh dari Air Terjun Tumpak sewu. Perjalanan menuju goa ini memang tidak mudah, tetapi semuanya akan terbayar jika anda sudah sampai di titik tujuan. Goa ini menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Konon ceritanya, meskipun kemarau tiba, goa ini tak pernah berhenti meneteskan air.

Lokasi: Besuk Cukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 07.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp30.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Goa Tetes

Antrukan Pawon

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Dalam bahasa jawa antrukan artinya air terjun. Sedangkan pawon artinya dapur atau bisa juga diartika tungku. Nah, bentuk air terjun yang turun tepat di lubang tebing yang berbentuk tungku ini lah yang menjadi alasan mengapa destinasi wisata ini dinamakan Antrukan Pawon. Air memang terkadang tidak terlalu deras saat musim kemarau, tetapi anda bisa mengambil foto yang cantik dengan latar belakang tebing berlubang yang unik ini.

Lokasi: Pucang Alit, Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: 24 Jam

Klik di sini untuk Link Google Maps: Antrukan Pawon

Hutan Bambu

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Hutan bambu ini bisa menjadi menarik untuk berfoto-foto atau sekadar jogging. Disini terdapat banyak sekali pohon bambu yang tumbuh di kanan dan kiri jalan. Pohon-pohon ini juga tumbuh melengkung menutupi bagian atas jalanan. Jadi tak perlu khawatir jika datang saat siang, karena panas matahari akan terhalang oleh rimbunnya pohon bambu. Jangan khawatir jika anda melihat monyet yang berkeliling di area hutan karena mereka sudah jinak dengan manusia.

Lokasi: Jl. Kalpataru, Umbulrejo, Sumbermujur, Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 06.00 – 17.00

Klik di sini untuk Link Google Maps: Hutan Bambu

Kebun Teh Kertowono

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Wajib hukumnya datang kesini untuk menikmati hamparan luas kebuh teh yang hijau dan bisa menyegarkan mata dan otak anda. Harga tiket masuk yang murah juga bisa menolong anda dari bahaya kantong bolong saat liburan.

Lokasi: Poli, Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kebun Teh Kertowono

Pantai Bambang

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Tempat yang tepat untuk anda merelaksasi pikiran dari aktifitas sehari-hari. Suara debur ombang bisa membuat membantu menyegarkan kembali pikiran anda. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, jadi tidak direkomendasikan berenang di pantai. Meskipun begitu, anda bisa menikmati segarnya kelapa muda di tepi pantai sambil memandang indahnya gulungan ombak.

Lokasi: Rekasan, Bago, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 07.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pantai Bambang

Pantai Watu Pecak

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar jadi tidak disarankan untuk berenang di tepi pantai. Tetapi anda harus mencoba masakan seafood yang dijajakan oleh warung-warung sepanjang pantai karena mereka terkenal dengan olahan makanan laut masih segar dan lezat.

Lokasi: Krajan Dua, Selok Awar-Awar, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: 24 Jam 
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pantai Watu Pecak

Pemandian Alam Selokambang

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Perjalanan menuju pemandian cukup mudah karena jalur yang dilewati sudah diaspal. Berenang di kolam pemandian ini bisa membuat anda merasa segar. Tak hanya berenang, tempat wisata ini juga menawarkan aktivitas lain seperti bersepeda air dan juga bermain tenis.

Lokasi: Purworejo, Senduro, Pancen, Purworejo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 05.00 – 17.30

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Tirtosari

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Pemandian ini menyediakan kolam anak dan kolam dewasa. Jadi, anda tak perlu khawatir jika ingin mengajak buah hati bermain air di kolam yang dangkal. Tak hanya kolam untuk berenang, tempat ini juga menyediakan kolom yang berisi ikan-ikan cantik untuk foto underwater.

Lokasi: Sumbersari, Penanggal, Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: 24 Jam

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pemandian Tirtosari

Candi Mandara Giri Semeru Agung Hindi

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Merupakan candi tertua dan terbesar di Lumajang. Kemegahan candi Hindu ini mengundang wisatawan datang untuk melihat keindahannya. Di sekitar candi juga banyak sekali spot-spot bagus untuk foto. Tapi perlu diingat, tempat ini adalah tempat ibadah jadi jangan lupa untuk menjaga kesopanan ya.

Lokasi: Jl. Semar Dohir, Sumberagung, Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 07.30 – 21.00

Klik di sini untuk Link Google Maps: Candi Mandara Giri Semeru Agung Hindi

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

20 Rekomendasi Wisata Lumajang
source : Google Maps

Destinasi wisata keluarga ini sudah sangat populer bagi masyarakat Lumajang. Banyak sekali wahana yang bisa anda nikmati seperti kereta gantung, komedi putar, bom-bom car dan wahana seru lainnya. Selain itu, kawasan wisata ini juga menyediakan waterpark yang lengkap dengan permainan air seperti kolam arus, perosotan air dan masih banyak lainnya.

Lokasi:  Kab. Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: Pkl 07.00 – 15.00

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kawasan Wonorejo Terpadu

Baca Juga : 20 Rekomendasi Wisata Karawang

Penutup

Anda sudah mengetahui 20 rekomendasi tempat wisata yang keren di Lumajang untuk dikunjungi. Pastikan liburan anda akan menjadi momen yang tak terlupakan untuk dihabiskan bersama orang-orang tercinta. Jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di sekitar anda. Jika anda membawa si kecil maka pastikan agar tidak pernah lepas dari pengawasan anda demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Utamakan pula kesehatan, keamanan, dan kenyamanan anda serta orang di sekitar anda. Jika ada yang ingin anda bagikan seperti tips, trik, dan review silahkan share di kolom komentar ya!