Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

11 Desember 2020

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang Yogyakarta+ Link Gmaps

11 Desember 2020

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang Yogyakarta dan sekitarnya yang wajib anda kunjungi! Kaliurang dan  wilayah sekitarnya memang sudah menjadi tempat wisata andalan bahkan konon sudah terkena  sejak masa penjajahan Kolonial Belanda. Letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi cukup menyita perhatian para pelancong domestik ataupun luar negeri datang untuk menikmati keindahan alam. Jadi, jangan berpikir dua kali untuk memutuskan berlibur ke Kaliurang. Nikmati keseruan liburan bersama keluarga, teman, atau pasangan dengan menjelajahi wisata-wisata seru yang bisa membuat anda lupa pulang. Nah, untuk membuat perjalanan menuju tempat seru tersebut, ada baiknya untuk membaca 20 Rekomendasi Wisata Kaliurang Yogyakarta ini.

Yuk temukan 20 Rekomendasi Wisata Kaliurang Yogyakarta dan sekitarnya yang sayang untuk dilewatkan!

Sekarang waktunya anda untuk menyiapkan buku catatan dan pena untuk mencatat tempat yang ingin dikunjungi dan beberapa keterangan tentangnya. Hal tersebut dilakukan guna untuk membuat jadwal perjalanan. Atur jadwal perjalanan anda sebaik mungkin karena bisa jadi datang saat yang tidak tepat. Jangan lupa pula mengajak keluarga atau pasangan untuk perjalanan yang lebih menyenangkan.

Nah, berikut adalah 20 Rekomendasi Wisata Kaliurang Yogyakarta dan sekitarnya yang lengkap dengan  Google Maps untuk mempermudah perjalanan anda

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Source: Google Maps

Seperti yang kita tahu bahwa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang kuat dalam menjaga adat dan budayanya. Salah satu bentuk kepedulian masyarakat adalah dengan membangun museum ini. Bangunan museum ini sangat estetik. Museum ini berisi tentang sejarah kebudayaan jawa Yogyakarta yang elegan. Saat masuk ke dalam, pengunjung tidak diperkenankan mengambil foto. Meskipun begitu, anda tetap bisa berfoto di luar Gedung dengan spot-spot foto yang menarik dengan latar belakang alam dan taman yang asri.

Lokasi:Jl. Boyong KM. 5, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 08.30 – 15.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp20.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Museum Ullen Sentalu

Beukenhof  Restaurant

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Rumah makan ini berada di kawasan Museum Ullen Sentalu. Bangunan restoran dengan gaya kolonia Belanda ini sangat menarik untuk dikunjungi. Meskipun makanan yang dijual sedikit menguras kantong tetapi seimbang dengan cita rasa yang disajikan dan suasana restoran yang klasik.

Lokasi: Kawasan Museum Ullen Sentalu, Jl. Boyong, KM.25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 09.30 – 04.30
Kisaran Harga Tiket Masuk: –

Klik di sini untuk Link Gmaps: Beukenhof Restaurant

Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Letaknya yang berada di bukit, wisata ini cocok untuk berpiknik. Pengunjung akan dibuat damai dengan suara alam yang tenang dan sesekali mendengar kicauan burung. Udara yang sejuk bisa membuat diri menjadi lebih segar. Apabila ingin mencoba aktivitas yang menggerakan badan, pengunjung bisa mencoba fasilitas outbond yang tersedia.

Lokasi: Jl. Siaga Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 09.00 – 15.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Taman Wisata Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Source: Google Maps

Tempat wisata ini menyajikan panorama telaga yang dikelilingi alam nan indah. Tak hanya itu saya, Tlogo Putri Kaliurang juga menyediakan wahana yang seru seperti flying fox, bianglala dan masih banyak lainya. Bagi yang berlibur bersama buah hati, anda tak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan tempat bermain aman untuk anak-anak.

Lokasi: Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 09.00 – 15.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Tlogo Putri Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar

air Terjun Tlogo Mancur
Source: Google Maps

Tak jauh dari Tlogo Putri Kaliurang, anda bisa sekaligus mengunjungi air terjun indah yang satu ini. Untuk menuju air terjun, pengunjung disarankan untuk menjinjing kantong plastic berisi makanan karena dikhawatirkan akan ada monyet jahil yang datang dan merebut bawaan tersebut. Meskipun terkadang terkadang ada monyet yang melintas, anda tak perlu khawatir untuk datang ke air terjun ini. Selagi mengikuti saran dan tidak mengganggu mereka perjalan anda tetap aman.

Lokasi: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp8.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Air Terjun Tlogo Muncar

Goa Jepang

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Sebelum memutuskan untuk pergi, anda harus mempersiapkan tenaga yang fit karena perjalan dengan berjalan kaki akan menempuh sekitar 45 menit dari loket masuk. Track yang dilalui terbilang cukup mudah, jadi bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang ingin berlibur ke alam dengan jalur yang tidak ekstrim.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp6.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Goa Jepang

Taman Gardu pandang

Source: Google Maps

Apabila anda ingin melihat pemandangan Gunung Merapi, maka ada baiknya untuk datang ke taman ini. Terdapat gardu yang dibangun kokoh dan dipeuntukkan bagi pengunjung yang ingin gunung lebih dekat. Tempat ini juga sering digunakan sebagai spot foto yang menarik.

Lokasi: Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 05.00 – 10.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Taman Gardu Pandang

Taman Lampion Kaliurang

Taman Lampion
Source: Google Maps

Sejatinya tempat taman ini masih satu kawasan dengan Taman Gardu Pandang, namun wisata ini, atau yang dikenal juga dengan sebutan festival lampion, hanya hanya buka saat menjelang petang hingga malam hari. Anda wajib datang ke sini karena akan disuguhkan gemerlap lampion indah dengan berbagai macam bentuk dan cocok untuk berfoto.

Lokasi: Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 05.00 – 23.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp15.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Taman Lampion Kaliurang

Ledok Sambi

Ledok Sambi
Source: Google Maps

Merupakan desa wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi. Dari lokasinya saja kita sudah bisa membayangkan betapa indah tempat ini. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti bermain air di aliran sungai yang dangkal, menikmati makanan di kafe yang cozy, atau berfoto dengan latar belakang alam yang mengagumkan.

Lokasi: Jalan Kaliurang No. 2 KM 19, Pakembinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk:

Klik di sini untuk Link Gmaps: Ledok Sambi

The World Landmark

Taman World Landmark
Source: Google Maps

Destinasi wisata ini menyuguhkan miniatur landmark dari berbagai belahan dunia. Tentu ini menjadi spot menarik bagi pengunjung yang ingin mencari spot foto yang instagramable. Tak hanyak miniature, wisata ini juga terdapat taman bunga dan fasilitas menarik lainnya

Lokasi: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 09.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp20.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: The World Landmark

Agro Wisata Bhumi Merapi

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Agro wisata ini menyediakan banyak kegiatan yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah pengunjung bisa masuk ke kebun binatang mini untuk mengunggang kuda, memberi susu kambing dan bertemu dengan banyak jenis hewan lainnya. Selain itu, anda bisa berfoto di beberapa spot yang instagramable.

Lokasi: Jl, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 08.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp25.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Agro Wisata Bhumi Merapi

Warung Kopi Klotok

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Tak lengkap rasanya jika sudah di Kaliurang tapi tidak mampir di rumah makan yang hits ini. Ada baiknya untuk datang di pagi hari atau pada saat hari kerja untuk menghindari ramainya pengunjung. Sungguh disayangkan apabila sudah datang jauh-jauh tetapi tidak mendapat kesempatan makan di dalam rumah khas masyarakat jawa sambil menyantap makanan rumah yang nikmat. Apabila berkunjung, anda wajib mencoba pisang goreng andalan warung kopi klotok ya.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 07.00 – 09.30
Kisaran Harga Tiket Masuk: –

Klik di sini untuk Link Gmaps: Warung Kopi Klotok

Museum Gunung Merapi

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Merupakan tempat terbaik untuk mengenal Gunung Merapi. Museum ini akan memberikan banyak pengetahuan penting erupsi, gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang, dari masa ke masa.

Lokasi: Jl. Kaliurang, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 08.00 – 15.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Museum Gunung Merapi

Bunker Kaliadem

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Sebelum terjadi letusan dahsyat pada tahun 2006, kawasan Bunker Kaliadem menjadi tempat favorit untuk berkemah. Namun akibat erupsi kawasan perkemahan ini rusak. Meskipun begitu, sekarang kawasan tersebut sudah dibuka untuk pengunjung akan tetapi namun tidak disarankan untuk berkemah. Keindahan versi pasca erupsi juga tak kalah indah dengan yang dahulu.

Lokasi: Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Bunker Kaliadem

Bukit Klangon

Bukit Klangon
Source: Google Maps

Hampir sama seperti Taman Gardu Pandang, destinasi wisata ini memberikan fasilitas kepada pengunjung untuk melihat lebih jelas Gunung Merapi. Pengunjung bisa melihat panorama gunung berapi lebih dekat dengan menaiki sebuah bangunan yang mirip seperti jembatan.

Lokasi: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Bukit Klangon

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi
Source: Google Maps

Jangan lewatkan mengikuti jeep tour dengan menelusuri jalur yang menantang adrenalin. Ajak keluarga atau teman menikmati trip ini agar lebih kuat keseruannya. Jangan lupa membawa baju ganti, karena bisa jadi pakaian anda bisa kotor akibat perjalanan yang juga melewati jalur berlumpur.

Lokasi: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 06.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: –

Klik di sini untuk Link Gmaps: Lava Tour Merapi

Museum Mini Sisa Hartaku

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Keganasan erupsi gunung Merapi memang membuat pilu, namun masyarakat setempat tidak mau melupakannya. Justru mereka membuat sebuah museum untuk mengumpulkan barang-barang yang rusak dan sisa tulang hewan yang mati akibat erupsi. Meseum ini bisa menjadi bukti betapa dahsyatnya bencana alam yang melanda dan menunjukkan bahwa apabila Tuhan sudah berkehendak maka jadilah.

Lokasi: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 06.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: –

Klik di sini untuk Link Gmaps: Museum Mini Sisa Hartaku

The Lost World Castle

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Destinasi wisata ini masih tergolong baru. Meskipun begitu, kemegahan benteng dan spot-spot foto yang instagramable mengundang pengunjung untuk datang. Jangan lupa untuk mencoba wahana scooter baru yang seru dan sudah terkenal lewat beberapa sosial media.

Lokasi: Jl.Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman, Daerah Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 07.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp30.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: The Lost World Castle

Stonehenge Yogyakarta

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Tak perlu pergi jauh ke Inggris untuk melihat fenomena batu besar berdiri tegak. Kaliurang juga memiliki tempat wisata dengan batu-batu besar yang tertancap di tanah mirip dengan Stonehenge.

Lokasi: Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Jam Buka: Pkl 07.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Stonehenge Yogyakarta

Wedangan Kampoeng

20 Rekomendasi Wisata Kaliurang
Source: Google Maps

Hampir sama seperti Kopi Klotok, rumah makan ini menyajikan makan rumahan dan konsep bangunan rumah makan seperti rumah khas masyarakat jawa. Terdapat taman yang luas, bersih dan Indah. Taman tersebut juga disediakan bangku dan meja untuk para pengunjung yang ingin makan di bagian outdoor sembari menikmati suasana Kaliurang yang sejuk. 

Lokasi: Jalan Kaliurang, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik,  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam Buka: Pkl 07.00 – 00.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp.10.000

Klik di sini untuk Link Gmaps:  Wedangan Kampoeng

Baca juga: 20 Rekomendasi Wisata Gresik + Link Gmaps

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui 20 Rekomendasi Wisata Kaliurang Yogyakarta dan sekitarnya. Sekarang waktunya anda mengatur jadwal dan menyiapkan keperluan liburan agar aman dan nyaman. Siapkan diri untuk tetap fit agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan, untuk menjaga kelestarian tempat wisata atau alam sekitar. Apabila membawa anak-anak, pastikan mereka tetap dalam genggaman pengawasan dan pengawasan anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila ada kritik, saran atau informasi lainnya seputar wisata Kaliurang Yogyakarta, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar, ya!