Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

1 Januari 2021

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur + Link Gmaps

1 Januari 2021

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur + Link Gmaps siap memberikan pilihan ragam wisata sekaligus membantu perjalanan anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan saat berjelajah di bagian timur pulau Jawa. Jawa timur menyimpan banyak tujuan wisata yang bisa membuat anda lupa pulang. Jangan lewatkan kumpulan informasi 20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur ini untuk menciptakan liburan yang tak terlupakan.

Ayo temukan 20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur + Link Gmaps untuk liburan super seru!

Siapakan catatan untuk mencatat pilihan tempat wisata dari 20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur. Buatlah juga jadwal perjalanan agar liburan menjadi aman dan nyaman karena bisa jadi anda datang saat ramai pengunjung. Berikut adalah 20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur yang wajib anda kunjungi! Dilengkapi dengan Google Maps, artikel ini akan mempermudah perjalanan anda.

Taman Nasional Baluran

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Menawarkan banyak tujuan wisata, Taman Nasional Baluran adalah pilihan tempat menarik dikunjungi. Di taman nasional ini terdapat zona yang bisa anda pilih yaitu hutan abadi, pantai bima dan yang paling terkenal yaitu padang savana. Keindahan alam di taman nasional ini sungguh akan membuat anda betah dan tidak ingin pulang.

Tips untuk anda yang ingin datang yaitu jangan lupa membawa topi atau payung untuk menghindari terik matahari, bersikap tetap tenang jika bertemu hewan liar dan sebisa mungkin tidak membawa atau memperlihatkan bekal makanan agar tidak direbut oleh monyet yang ada di sekitar.

Lokasi: Area Hutan / kebun Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp16.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Meru Betiri

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Dibangun dengan tujuan sebagai tempat penelitian, belajar tentang ekosistem alam menunjang pariwisata, taman nasional ini sangat sayang untuk dilewatkan. Ada banyak kegiatan yang bisa ada pilih, seperti berkeliling kawasan hutan, mengamati tumbuhan dan hewan langka,  wisata bahari di pantai yang masih asri, melihat sekaligus berinteraksi dengan nelayan setempat saat mereka mencari ikan, surfing, bertemu penyu dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Andongrejo, Tempurejo, Jember, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 08.00 -17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp2.000 – Rp150.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
Source: Google Maps

Terlepas dari cerita mistis yang sudah berkeliaran, Alas Purwo menyimpan keindahan alam yang luar bisa dan sayang untuk dilewatkan. Kegiatan yang bisa anda pilih diantaranya adalah bersafari di padang savana, berkunjung ke Pura Giri Selaka, masuk hutan bambu, menyusuri hutan mangrove dan bermain di pantai.

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Taman Nasional Alas Purwo

Kawah Ijen

20 Rekoemndasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Fenomena Blue Fire merupakan peristiwa yang sering diburu oleh wisatawan lokal maupun asing. Blue fire merupakan api biru yang dihasilkan oleh belerang yang terbakar. Pengunjung hanya bisa menyaksikan peristiwa itu saat malam hari saja.

Apabila ingin datang pada pagi hari, anda bisa memilih kegiatan seperti menikmati keindahan kawah ijen atau melihat kegiatan para penambang belerang. Uniknya, di kawasan kawah ijen terdapat taxi manusia yang akan melayani pendaki pada saat sekiranya mereka tidak kuat menanjak sampai puncak.

Lokasi: Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 11.00 – 12.00 (Jum’at pada minggu pertama tutup)
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kawah Ijen

Bukit Jaddih

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Melipir sedikit ke pulau Madura, ada bukit kabur yang sangat cantik yaitu Bukit Jaddih. Lokasi bekas penambangan ini memiliki keindahan bukit kabur yang luar biasa. Terdapat pula danau dengan air berwarna biru yang bisa menjadi spot foto. Anda juga bisa menyewa perahu untuk merasakan berkeliling danau.

Tak hanya danau, lokasi Bukit Jaddih juga terdapat kolam besar yang bisa digunakan untuk berenang. Kolam dengan air biru dan panorama keindahan bukit kapur bisa sekaligus anda bisa rasakan dalam satu lokasi.

Lokasi: Jalan, Parseh, Socah, Bangkalan, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 07.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp20.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Bukit Jaddih

Pantai Balekambang

20 Rekoemndasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Memiliki suasana yang asri dan lingkungan yang bersih membuat pantai ini menjadi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun asing. Keindahan pantai mampu menarik mereka untuk datang ke Pantai Balekambang

Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sini, seperti berkemah, berenang, mengunjungi pulau-pulau sekitar, memancing, bermain flying fox, bermain di sungai kecil, makan makanan laut yang segar atau sekedar bersantai di pinggir pantai.

Lokasi: Sumber Jambe, Srigonco, Jl. Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang,  Jawa Timur
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp15.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pantai Balekambang

Pulau Merah

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Pantai dengan pasir sedikit berwarna merah, air biru dan pemandangan laut yang memukau akan membuat anda merasa senang berada disini. Pantai ini juga dikenal sebagai tempat surfing terbaik untuk wilayah sekitar banyuwangi.

Apabila anda tertarik untuk datang, ada baiknya memilih waktu pagi hari untuk menghindari keramaian sekaligus menikmati keindahan matahari terbit.

Lokasi: Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 07.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp8.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pulau Merah

Green Bay

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur20 Rekoemndasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Meskipun tak seterkenal Pulau Merah, Green Bay atau teluk hijau ini menyimpan keindahan pantai yang sangat luar biasa. Perpaduan pantai pasir putih dan air hijau bisa memanjakan kedua mata anda.

Kejernihan air di Green Bay sangat cocok bagi anda yang senang dengan snorkeling. Namun, perlengkapan snorkeling tidak sediakan di sini. Jadi, pengunjung perlu membawa perlengkapan sendiri.

Lokasi: Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi,  Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 07.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis

Klik di sini untuk Link Google Maps: Green Bay

Pantai Soge

Pantai Sogin
Source: Google Maps

Suasana Pantai Soge masih terbilang sangat asri. Pasir putih, air biru dan pohon-pohon di sekeliling pantai akan membuat anda betah berada di sini. Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan seperti bersantai di pinggir pantai, bermain speed boat, atau menyewa perahu nelayan setempat berkeliling pantai.

Lokasi: Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp2.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pantai Soge

Air terjun Madakaripura

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu melewati hutan dengan menempuh perjalanan kurang lebih satu jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, anda kan bertemu dengan tebing dan sungai. Sesampainya di tempat tujuan, perjuangan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan air terjun dan alam sekitrnya yang luar biasa indah. Disana anda juga bisa bermain air yang akan membuat badan anda menjadi lebih segar.

Lokasi: Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp22.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Air Terjun Madakaripura

Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Jodipan
Source: Google Maps

Awalnya kampung ini merupakan pemukiman warga yang kumuh. Namun, sekarang telah berubah menjadi kampung yang memiliki ciri khas nyentrik dengan cat warna-warni cerah. Keunikan kampung ini sudah terkenal baik di kalangan wisata lokal sampai asing.

Mereka yang datang biasanya akan bingung mencari spot foto karena tersedia banyak tempat foto menarik seperti lorong payung, lukisan 3D, dinding warna-warni, tangga warna-warni dan jembatan kaca.

Lokasi: Jodipan, Blimbing,Malang, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 07.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk:Rp3.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kampung Warna-Warni Jodipan

Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam
Source: Google Maps

Kejayaan maritim Indonesia memang tidak bisa diragukan. Salah satu bukti kejayaannya adalah dengan memiliki kapal selam tipe Whiskey Class. Tak hanya memandang kemegahan bentuknya dari luar, anda juga bisa masuk ke dalam melihat apa saja yang ada di dalam kapal selam yang pernah berjaya pada masanya.

Lokasi: Jl, Pemuda, Embong, Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 09.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp15.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul,
Source: Google Maps

Bangunan yang hampir mirip dengan Arc de Triomphe ini cukup menyita perhatian wisatawan. Meskipun mirip, namun benteng ini memiliki perbedaan yang menggambarkan sejarah dan jati diri Kediri. Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen atau hanya menikmati suasana jantung kota Kediri. Apabila anda berada di Kediri, jangan lupa menyempatkan diri untuk berkunjung ke monumen ini. Pilih lah waktu yang tidak ramai pengunjung, yaitu selain hari libur, untuk mendapatkan momen yang tepat untuk berfoto atau bersantai.

Lokasi: Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis

Klik di sini untuk Link Google Maps: Monumen Simpang Lima Gumul

Benteng Van den Bosch

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Sebagian masyarakat mengenalnya dengan sebutan Benteng Pendem. Dulunya benteng ini pernah menjadi pusat pertahanan Belanda dalam Perang Diponegoro. Kini Benteng ini sudah tidak terpakai dan menjadi spot foto menarik dengan latar belakang bangunan benteng yang sebagian sudah sedikit rusak. Meskipun sudah tidak sebagus yang dulu, namun tak mengurangi estetika keindahan benteng.

Lokasi: Jl, Untung Suropati, Palem, Ngawi, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 08.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Benteng Van den Boch

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise
Source: Google Maps

Perpaduan konsep edukasi, seni dan teknologi membuat destinasi wisata ini sayang untuk dilewatkan. Keunikan dari tempat wisata ini adalah terdapat banyak lampion yang terlihat terang dan cantik. Ada beberapa zona yang bisa anda nikmati di sini yaitu taman dinosaurus, menyusuri lorong di magic journey atau mencoba wahana twister dan robotic.

Lokasi: Jalan Graha Kencana Raya, Karanglo, Balearjo, Malang, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 17.00 – 22.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp50.000 – Rp120.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Malang Night Paradise

Museum Angkut Malang

Museum Angkut
Source: Google Maps

Sebagai museum transportasi modern pertama di Indonesia, destinasi wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai macam koleksi alat transportasi dari masa ke masa bisa anda temukan di setiap zona. Museum ini bisa menjadi ruang belajar untuk mengetahui alat transportasi klasik yang bergengsi di setiap masanya.

Lokasi: Jl, Terusan Sultan Agung N0. 2, Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Jam Buka: Pkl 11.00 – 19.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp80.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Museum Angkut Malang

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen
Source: Google Maps

Rasakan pengalaman bersafari untuk melihat berbagai macam jenis binatang yang hidup liar seperti di habitat aslinya. Anda bisa bersafari dengan kendaraan pribadi atau dengan mengikuti tour bus yang disediakan oleh pengelola.

Selain melakukan tour, anda juga bisa menonton animal show, naik wahana roller coaster, bermain paintball, masuk amusement park, bertemu bayi-bayi hewan, melihat penimbangan gajah, bermain air di waterboom dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jatirejo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 09.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000 – Rp100.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Taman Safari Prigen

Jawa Timur Park 1

20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur
Source: Google Maps

Dibangun dengan konsep seperti Dufan Jakarta, Jatim Park 3 memiliki banyak wahana menantang adrenalin yang wajib anda coba. Diantaranya adalah volcano coaster, flying tornado,  sky winger dan lainnya.

Apabila anda mengajak anak-anak, tentu tak perlu khawatir, karena ada zona yang bisa dinikmati seperti waterboom, galeri etnik dan zona kids friendly lainnya.

Lokasi: Jl. Kartika No. 2 Sisir, Batu Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp100.000 – Rp120.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 2

Jatim Park 2
Source: Google Maps

Apabila anda ingin ingin mencari tempat wisata yang ramah untuk anak-anak, pergi ke Jatim Park 2 adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengenalkan berbagai macam binatang, mengajak anak berinteraksi langsung dengan hewan dan bermain di wahana-waha yang seru.

Lokasi:Jl. Oro-oro  Ombo No.9, Temas, Batu,  Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 10.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp84.000 – Rp.120.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 3

Jatim Park 3
Source: Google Maps

Zona yang paling populer adalah Museum Dino. Mengusung konsep dinosaurus, tempat ini bisa membuat pengunjung yang masuk akan merasa seperti berada di Jurrasic Park.

Tak hanya Museum Dino, Jatim Park juga memiliki banyak zona yang wajib untuk dikunjungi yaitu Infinity World, Fun Tech Plaza, Galeri Musik Dunia, The Legend Star dan masih banyak zona seru lainnya.

Lokasi: JL. Ir. Soekarno No.144, Junrejo, Batu,  Jawa Timur
Jam Buka: Pkl 12.00 – 20.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp50.000 – Rp170.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Jawa Timur Park 3

Baca Juga: 20 Rekomendasi Wisata Batu + Link Gmaps

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui 20 Rekomendasi Wisata Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan. Sekarang adalah waktunya untuk anda mempersiapkan segala kebutuhan liburan untuk menikmati perjalanan yang nyaman. Ajak keluarga, teman atau pasangan anda untuk membuat perjalanan menjadi lebih seru. Jangan lupa menjaga kebersihan selama perjalanan agar tetap tercipta lingkungan bersih dan nyaman. Apabila ada komentar berupa tips tentang rekomendasi wisata ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar ya!