Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

23 November 2020

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat + Link Gmaps

23 November 2020

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat yang wajib anda kunjungi untuk menikmati liburan seru bersama keluarga dan orang-orang tercinta! Jawa Barat memiliki banyak pesona yang bisa anda nikmati dan tidak boleh sampai kelewatan. Ada banyak sekali tempat wisata dengan tema alam di Jawa Barat yang akan membuat anda betah untuk berlama-lama.

Menikmati tempat wisata yang itu-itu saja tentu akan cepat membuat anda merasa jenuh. Karena itu ada baiknya sesekali anda mencoba untuk menikmati tempat wisata dengan tema alam yang akan memukau mata dan hati anda! Panoramanya yang luar biasa bahkan tanpa sentuhan tangan manusia akan semakin membuat anda takjub dan menyadari betapa indahnya ciptaan Tuhan.

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat

Siapkan tanggal dan waktu yang tepat karena bisa saja tempat liburan pilihan anda akan ramai dengan pengunjung dan mengurangi sensasi keseruan anda. Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan yang bisa membuat liburan anda menjadi terasa semakin menyenangkan. Berikut adalah 20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat yang wajib anda ketahui! Dilengkapi dengan Google Maps untuk mempermudah anda mencapai lokasi tujuan!

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
source : Google Maps

Menikmati pemandangan hijau sepanjang mata memandang akan membuat hati anda merasa tentram dan nyaman. Di sini anda akan di sambut dengan pemandangan indah yang cocok untuk dinikmati sambil berjalan-jalan santai atau pun bersepeda bersama keluarga. Anda bisa menyewa sepeda atau pun kereta mobil untuk berkeliling tempat ini.

Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
Jam Buka : 08.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket : Rp15.000 – Rp35.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Kebun Raya Bogor

Kawah Putih

10 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : travel.detik.com

Menyajikan panorama kawah dengan warna yang unik dan indah. Pemandangannya yang romantis juga cocok untuk dijadikan sebagai latar foto prewedding anda bersama pasangan. Udaranya yang sejuk pun bisa membuat anda nyaman untuk berlama-lama menikmati pesona dari kawah ini. Ada banyak penjual makanan yang bisa anda cicipi di sini, selain itu anda juga bisa menyewa kendaraan Ontang-anting untuk menelusuri keindahan kawah.

Lokasi : Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti,Pasirjambu,Bandung,Jawa Barat ,Indonesia,40972.
Jam Buka : 07.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket : Rp25.000 – Rp75.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Kawah Putih

Gunung Tangkuban Parahu

Gn. Tangkuban Perahu
source : id.wikipedia.org

Untuk menikmati keindahan panorama tempat ini sebaiknya anda datang di pagi hari, di siang hari maka matahari akan terasa sangat menyengat, sedangkan di sore hari akan tertutup kabut. Anda bisa mengunjungi 4 kawah di sini bahkan bisa merebus telur di salah satu kawahnya, selain itu ada pula penjual makanan hangat untuk anda santap!

Lokasi : Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas,Sagalaherang,Subang,Jawa Barat,Indonesia,40391.
Jam Buka : 07.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket : Rp18.000 – Rp300.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Gunung Tangkuban Parahu

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia
source : Google Maps

Memiliki 280 spesies dan 5000 pohon, anda bisa berjalan-jalan dengan sejuk sambil melihat hewan-hewan yang belum pernah anda temui. Selain melihat-lihat hewan, di sini juga ada rumah hantu 3D dan 9 show satwa hewan. Hal yang seru di sini adalah anda tidak akan melihat hewan-hewan yang dikurung, karena itu bisa saja anda menemui hewan yang tengah bersantai di tengah jalan.

Lokasi : Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Jam Buka : 08.30 – 17.00
Kisaran Harga Tiket : Rp160.000 – Rp400.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Taman Safari Indonesia

Puncak, Bogor

Puncak, Bogor
source : tamanwisatamatahari.id

Menikmati liburan bersama keluarga dan orang-orang tercinta di sini tentu akan terasa menyenangkan. Anda bisa menyewa hotel atau pun villa untuk beberapa hari sambil berjalan-jalan menikmati kehidupan yang sejuk di Puncak, Bogor. Siapa pun pasti mengimpikan untuk tinggal di sini, tidak herawan Puncak, Bogor selalu diminati banyak orang dan tersedia banyak villa atau pun hotel.

Lokasi : Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
Jam Buka : –
Kisaran Harga Tiket : –

Klik di sini untuk  Google Maps : Puncak, Bogor

Green Canyon ( Cukang Taneuh ) Cijulang Pangandaran

10 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Bagi anda yang ingin menikmati petualangan seru di alam, maka di sini tempat yang tepat. Anda bisa menyusuri sungai Diantara Ngarai, berenang, lompat tebing, dan hujan abadi. Selain itu, fasilitas yang disediakan di sini pun lengkap seperti musala dan kamar mandi. Siapkan baju ganti anda dan nikmati liburan tak terlupakan di sini!

Lokasi : Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, RT.02/RW.10, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat 46394
Jam Buka : 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket : Rp180.000 – Rp235.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Green Canyon ( Cukang Taneuh ) Cijulang Pangandaran

Tebing Karaton

Tebing Karaton
source : Google Maps

Tempat yang sangat cocok bagi anda pecinta kegiatan di alam, ada banyak sekali hal yang bisa anda nikmati di sini. Selain berbagai kegiatan yang seru, anda juga akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dan membuat mata anda tak henti-hentinya mengagumi keindahan tersebut. Nikmati liburan di tempat ini sambil bersantai bersama keluarga tercinta.

Lokasi : Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40198
Jam Buka : 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket : Rp15.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Tebing Karaton

Curug Maribaya

10 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Menyajikan pemandangan air terjun yang deras dan segar. Anda bisa berenang di salah satu air terjun dan merasakan kesegaran air tersebut. Berenang di tengah alam tentu akan memberikan nuansa yang berbeda dan terasa special, selain itu anda juga bisa mengunjungi Gua Jepang dan Gua Belanda. Bagi anda yang membawa anak kecil, di dekat tempat ini pun terdapat wahana playground untuk anak-anak usia 3-7 tahun.

Lokasi : Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka : 08.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket : Rp30.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Curug Maribaya

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
source : wisatabagus.com

Menikmati wisata di pantai yang indah tentu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Pantainya yang indah dan bersih akan menjadi tempat yang romantis dan menyenangkan bagi anda serta orang tercinta. Ada pula penjual makanan seafood yang bisa anda santap setelah bersenang-senang di pantai tersebut.

Lokasi :  Pananjung, Pangandaran,Ciamis,Jawa Barat,Indonesia,46396
Jam Buka : 09.00 – 21.00
Kisaran Harga Tiket : Rp6.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Pantai Pangandaran

Stone Garden Citatah

Stone Garden Citatah
source : Google Maps

Dengan membayar sejumlah uang, anda sudah bisa memasuki tempat wisata yang snagat indah dan unik di sini. Bahkan anda juga akan diberikan minuman dan permen, ada pula fasilitas berrupa gazebo gratis yang bisa anda tempati jika kelelahan. Selain itu, terdapat para penjaga yang siap menjaga keamanan para pengunjung. Bagi anda yang ingin melakukan camping juga bisa melakukannya di sini.

Lokasi : Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554
Jam Buka : 08.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket : Rp12.000 – Rp300.000

Klik di sini untuk  Google Maps : Stone Garden Citatah

Kebun Raya Cibodas

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Merupakan destinasi wisata alam andalan bagi sebagian masyarakat Jawa Barat. Letaknya berada di dataran tinggi, jadi jangan kaget jika anda akan merasa sejuk berada di sini. Kebun raya ini menyediakan ragam spot-spot menyenangkan untuk dikunjungi seperti taman satwa, air terjun Citarum, rumah kaca, taman rhododendron, taman bunga bangkai dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Bogor Cibodas, Sindanglaya, Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat
Buka Jam: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp16.500

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kebun Raya Cibodas

Taman Wisata Matahari

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Tidak hanya menyajikan panorama keindahan alam dan suasana yang sejuk, wisata ala mini juga memiliki keanekaragaman wahana yang seru seperti wahana air, permainan, petualangan dan wisata edukasi.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM 77, Cilember, Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Buka Jam: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp25.000 – Rp.60.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Taman Wisata Matahari

Taman Buah Mekarsari

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Taman ini merupakan tempat budidaya tanaman buah-buahan dan berbagai macam jenis tumbuhan kawasan tropis lainnya. Saat musim panen, pengunjung juga dibolehkan untuk memetik buah-buahan yang sudah matang. Meskipun taman ini memiliki area yang cukup luas, anda tidak perlu khawatir kelelahan untuk mengelilingi kebun buah ini karena pengelola menyediakan beberapa paket tur berkeliling kebun.

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM.3, mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.
Buka Jam: Pkl 09.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp20.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Taman Buah Mekarsari

Hutan Orchid Cikole

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Apabila anda lelah dengan keramaian ibu kota yang penuh dengan polusi udara, ada baiknya untuk datang ke sini. Udara hutan yang sejuk, bisa menyegarkan kembali pernapasan anda. Keadaan hutan yang rimbun oleh pepohonan juga sangat cocok untuk anda merelaksasi diri.

Lokasi: Genteng Cikole, Lembang, Kab. Bandung, Jawa Barat.
Buka Jam: Pkl 09.00 – 14.00

Klik di sini untuk Link Google Maps: Hutan Orchid Cikole

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater
source : Google Maps

Apabila anda ingin memanjakan tubuh setelah beraktivitas yang melelahkan, ada baiknya untuk berkunjung di pemandian panas satu ini. Air hangat di kolam berendam ini sangat cocok untuk menyegarkan kulit dan seluruh bagian tubuh anda.

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.
Buka Jam: Pkl 08.00 – 10.00

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pemandian Air Panas Ciater

Punclut

Punclut
source : Google Maps

Wisata alam Bandung memang tidak ada habisnya dan salah satunya adalah Punclut. Di sini, anda bisa merasakan sejuknya berada di bukit dengan keindahan hijaunya pemandangan bukit-bukit tetangga lainnya dan gemerlap lampu dari pemukiman warga yang tinggal di area yang lebi rendah.  Di sini juga tersedia kafe-kafe yang menyediakan makanan lezat sebagai penghangat badan.

Lokasi: Ciumbuleuit,Cidadap, Kab. Bandung, Jawa Barat
Buka Jam: Pkl 17.00 – 21.00

Klik di sini untuk Link Google Maps:  Punclut

Wisata Bukit Panembong

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Kedua mata anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah, suasana perkampungan, dan gunung yang berjejeran. 

Lokasi: Tembong, Garawangi, Kab Kuningan, Jawa Barat
Buka Jam: Pkl 07.00 – 00.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Wisata Bukit Panembongan

Kampung Karuhun 

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Merupakan tempat wisata dengan konsep eco park yang menyatukan alam dengan fasilitas wisata. Di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan area persawahan dan hutan tropis yang hijau. Anda bisa merasakan keseruan bermain di sungai, berjalan-jalan di perkebunan teh atau berfoto-foto di area gembok cinta.

Lokasi: Jl. Pagar Betis, Citengah, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.
Buka Jam: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp25.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kampung Karuhun.

Kampung Naga

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Merupakan desa adat yang masih sangat ketat dalam menjaga budaya adat. Disaat banyak daerah mencoba untuk mengimbangi kemodernan kota, akan tetapi desa ini tetap mempertahankan budaya tradisional dan sangat menyatu dengan alam. Para wisatawan yang datang harus menghormati adat istiadat di kampung ini. Ada banyak sekali peraturan yang berlaku di tempat ini, salah satunya tidak boleh ada suara musik. Meskipun begitu, kedua telinga anda akan dibisikkan suara aliran sungai, suara burung dan suara gesekan daun-daun yang enak sekali untuk didengar dan mungkin sangat sulit untuk anda dapatkan di kota anda.

Lokasi:Neglasari, Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat
Buka Jam: Pkl 08.00 – 17.30
Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis (Meskipun tidak dipungut biaya, tetapi pengunjung harus izin dengan pemangku adat)

Klik di sini untuk Link Google Maps: Kampung Naga

Pantai Ujung Genteng

20 Rekomendasi Wisata Alam Jawa Barat
source : Google Maps

Birunya air laut, putihnya pasir, , indahnya batu karang dan deretan pohom kelapa yang menambah keeksotisan pantai bisa membuat anda betah dan tak ingin pulang. Di sekitaran pantai terdapat perahu bersandar yang bisa disewa. Lebih serunya lagi, di pantai ini terdaat penangkaran penyu. Anda bisa melihat bayi penyu hingga penyu dewasa di sana. Apabila beruntung, anda bisa melihat pelepasan bayi penyu di pantai. 

Lokasi: desa Gunung Genteng Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi Jawa Barat
Buka Jam: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Klik di sini untuk Link Google Maps: Pantai Ujung Genteng

Baca Juga : 20 Rekomendasi wisata Lumajang + Link Gmaps

Penutup

Anda sudah mengetahui 20 Rekomendasi wisata alam Jawa Barat yang wajib anda kunjungi. Pemandangan alam yang memukau bisa menjadi momen liburan paling indah untuk anda dan orang-orang tercinta. Jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di sekitar anda. Jika anda membawa si kecil maka pastikan agar tidak pernah lepas dari pengawasan anda demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Utamakan pula kesehatan, keamanan, dan kenyamanan anda serta orang sekitar anda. Jika ada yang ingin anda bagikan seperti tips, trik, dan review silahkan share di kolom komentar ya!