Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

22 Januari 2021

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon + Link Gmaps

22 Januari 2021

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon + Link Gmaps membantu anda mencari tempat liburan yang seru. Kota yang dijuluki sebagai ”Kota Udang” ini termasuk salah satu daerah di Indonesia yang menarik karena memiliki budaya campuran antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain budaya, Cirebon juga ternyata memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, wisata religi hingga wisata keluarga, semua ada di kota ini. Tak perlu bingung memilihnya, karena tempat yang seru sudah terangkum di 20 Rekomendasi Liburan di Cirebon.

Yuk temukan 20 Rekomendasi Liburan di Cirebon!

Pastikan anda sudah menyiapkan catatan untuk mencatat informasi dari 20 Rekomendasi Liburan di Cirebon. Informasi tersebut berguna untuk membuat jadwal perjalanan karena bisa jadi anda datang di saat yang tidak tepat. Berikut adalah 20 Rekomendasi Liburan di Cirebon:

Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Banguna goa buatan ini yang pernah menjadi bangunan paling megah sekitar abad ke-17. Bangunan dengan gaya artistektur yang menggabungkan Indonesia Klasik, Timur Tengah, dan Tiongkok Kuno ini masih kokoh hingga sekarang. Bangunan goa juga memiliki paham dan filosofinya sendiri. Jadi, tak hanya sekedar menikmati keindahan goa, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah Kota Cirebon

Lokasi: Jl. Brigjen AR Darsono, Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 05.30
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000 – Rp20.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Merupakan keraton tertua dari 3 keraton yang ada di Cirebon. Meskipun merupakan bangunan lama, tetapi keaslian keraton masih tetap terjaga. Di area keraton ada museum yang menyimpan barang-barang kerajaan seperti kereta kencana dan senjata milik kerajaan. Di sudut area keraton juga terdapat sumber air. Konon, siapa saja yang minum atau membasuh wajah dengan air tersebut, seseorang akan menjadi awet muda.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No.43, Kasepuhan, lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000 – Rp25.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kanoman

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Merupakan keraton kedua yang didirikan setelah Keraton Kanoman. Letaknya berada di belakang Pasar Kanoman. Bangunan keraton ini sangat unik karena didominasi oleh warna putih dan dihiasi piring-piring kecil dengan ukiran khas Tionghoa.

Lokasi: Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 09.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: –

Klik di sini untuk Link Gmaps: Kraton Kanoman

Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan
Source: Google Maps

Keraton dengan bangunan yang didominasi warna hijau ini adalah keraton termuda di Cirebon. Ada banyak barang-barang kerajaan yang tersimpan rapi di dalamnya seperti alat perang, alat musik dan masih banyak lagi. Jika beruntung, anda bisa melihat upacara adat yang diselenggarakan pada hari-hari tertentu.

Lokasi: Kelurahan Pulasaren, Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000 – Rp.20.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Keraton Kacirebonan

 Masjid Agung Sang Cipta Rasa

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Berada tak jauh dari Keraton Kasepuhan, tak ada salahnya untuk mampir di salah satu masjid tertua di Cirebon yang memiliki banyak keunikan.

Kunikan tersebut bisa dibuktikan dengan bangunan yang berbeda dengan masjid yang kita temui biasanya. Gaya arsitektur bangunan masjid memadukan perpaduan gaya Jawa dan Majapahit. Tak sembarang dibangun, setiap bagian bangunan masjid memiliki banyak makna sendiri.

Lokasi: Jl. Kasepuhan, Komplek Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 10.00 – 20.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: –

 Klik di sini untuk Link Gmaps: Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Makam Sunan Gunung Jati

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Jika berada di Cirebon, maka tak ada salahnya untuk berziarah ke makam Sunan Gunung Jati untuk mendoakan beliau sebagai bentuk terima kasih atas perjuangannya yang telah menyebarkan agama islam di Indonesia.

Sebagai tempat sakral, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui saat berkunjung yaitu pengunjung harus menjaga kesopanan dan tidak berbuat hal-hal yang aneh.

Lokasi: Alun-Alun Ciledug, Astana, Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Sukarela 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Makam Sunan Gunung Jati

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

irebon Waterland
Source: Google Maps

Luas wisata air ini sekitar 3 hektar. Ada banyak wahana yang ditawarkan, seperti ember tumpah, kolam arus, kolam anak-anak, kolam dewasa, seluncuran anak-anak dan seluncur orang dewasa.

Setelah bermain air, jangan lupa mengisi amunisi untuk perut yang kosong di restaurant unik berbentuk kapal. Uniknya lagi, para pelayan restoran ini pun berdandan seperti layaknya nahkoda kapal.

Lokasi: Jl Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 07.00 – 21.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp25.000 – Rp40.000 

Klik di sini untuk Link Gmpas: Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Pantai Kejawanan

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Konon katanya, air laut Pantai Kejawanan bisa menyembuhkan penyakit kulit. Tak heran jika pantai ini sangat terkenal terutama untuk kalangan masyarakat Cirebon.

Terlepas dari mitos yang ada, Pantai Kejawanan memiliki keindahan yang khas, khususnya saat matahari terbenam. Banyak fotografer yang sengaja datang saat momen tersebut untuk mengambil gambar.

Untuk anda yang datang, sempatkan diri menyewa perahu nelayan untuk berkeliling perairan pantai Kejawanan. Jangan takut kantong anda anda akan kekeringan, karena harga sewa perahu di sana sangat murah.

Lokasi: Pegambiran, Lemahwuluk, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 06.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp6.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Pantai Kejawanan

Tubing Cirebon

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Ajak keluarga atau teman anda untuk mengarungi sungai agar liburan anda semakin seru. Tentu kegiatan ini akan mempererat hubungan anda bersama mereka dan membuat pengalaman liburan menjadi lebih terkenang.

Tak perlu khawatir untuk anda yang datang saat musim kemarau, karena air sungai akan tetap deras dan tak mengurangi keseruan bermain air.

Lokasi: Kubang, Talun, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 11.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: – 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Tubing Cirebon

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
Source: Google Maps

Merupakan kawasan bukit tinggi di wilayah bagian selatan Kota Cirebon. Udara di bukit ini sangat segar. Oleh sebab itu kawasan bukit bisa menjadi tempat yang cocok untuk wisatawan yang sedang ingin kabur dai perkotaan.

Ada banyak kegiatan bagi wisatawan mulai dari siang hari sampai malam. Saat siang, anda bisa melihat pemandangan pohon-pohon hijau, berfoto dengan latar belakang alam yang asri, memandangi persawahan atau mampir ke wisata edukasi alam. Saat malam, kegiatan yang paling seru adalah duduk di kafe atau restaurant dengan memandangi pemandangan gemerlap lampu Kota Cirebon dari atas buk

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Bukit Gronggong

Centra Batik Trusmi

Central Batik Trusmi
Source: Google Maps

Cirebon adalah salah satu kota yang terkenal sebagai kota penghasil batik dan memiliki ciri khasnya sendiri. Jangan bingung untuk mencari tempatnya, karena anda bisa datang ke pasar khusu batik untuk berbelanja berbagai macam model baju cantik.

Lokasi: Dusun Trusmi, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 09.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Centra Batik Trusmi

Jempol Waterboom

Jempol Waterpark
Source: Google Maps

Destinasi rekreasi air dengan harga yang murah ini bisa menjadi pilihan untuk wisatawan yang tidak ingin terjangkit penyakit kantong kering. Pengunjung tak perlu bimbang dengan fasilitas yang ada. Sama seperti waterpark yang lainnya, destinasi wisata air ini lengkap dengan air tumpah, kolam anak, kolam dewasa, dan seluncuran.

Lokasi:Jl. Merdeka Utara, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp25.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Jempol Waterboom

Apita Waterboom

Apita Waterboom
Source: Google Maps

Apabila anda berada di sekitar wilayah Kedaung, tak ada salahnya untuk mampir di waterboom ini. Area waterboom ini sangat luas  dan fasilitas bermain yang lengkap. Siapapun yang datang pasti tak kan kecewa memilih tempat wisata ini sebagai daftar ingin dikunjungi.

Lokasi: Jl Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 09.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp15.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Apita Waterboom

Setu Sedong

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Destinasi wisata Setu Sedong masih banyak dikenal oleh wisatawan. Nah, ini bisa menjadi kesempatan untuk anda yang ingin mencari tempat yang jauh dari keramaian.

Setu Sedong memiliki fasilitas seperti warung wisata, gazebo untuk bersantai, camping ground untuk anda yang ingin bermalam dan juga spot memancing.

Perjalanan menuju danau terbilang mudah. Jadi anda tak perlu ragu untuk mengunjungi Setu Sedong.

Lokasi: Sedong Lor, Sedong, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: 24 jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp3.000

 Klik di sini untuk Link Gmaps: Setu Sedong

Setu Patok

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Sebuah danau alami ini bisa menjadi pilihan untuk anda bersama keluarga atau teman berpiknik. Menggelar tikar sambil menyantap bekal makanan dan bercengkrama  di pinggir danau bisa menjadi obat penghilang rasa kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Pemandangan setu yang indah bisa menjadi spot untuk berfoto. Waktu terbaik adalah saat matahari terbenam, karena saat itu langit akan memunculkan guratan-guratan oranye di awan yang akan membuat bagus hasil foto.

Lokasi: Desa Setu Patok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: 24 Jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Setu Patok

Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon
Source: Google Maps

Teruntuk anda yang sedang mencari ketenangan, pergi ke Hutan Kera Plangon bisa menjadi pilihan. Area hutan ini sangat asri dan dikelilingi pohon-pohon hijau. Letaknya cukup dekat dari pusat kota dan hanya berjarak sekitar 5 KM.

Di dalam area hutan terdapat anak tangga yang akan mengantar anda ke sebuah pemakaman seorang pangeran. Namun, area pemakaman hanya dibuka pada hari tertentu saja.

Sesuai namanya, hutan ini memang terdapat kera yang tak terhitung jumlahnya. Jadi anda harus berhati-hati jika membawa barang bawaan karena bisa jadi ada kera usil. Namun, jika anda tertarik berkunjung, tidak ada salahnya membawa makanan seperti kacang-kacangan atau buah-buahan untuk diberikan kepada monyet sebagai bentuk rasa kepedulian sesama makhluk hidup.

Lokasi: Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: 24 jam
Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Hutan Kera Plangon

Batu Lawang

Batu Lawang
Source: Google Maps

Dinamakan Bukit Lawang oleh masyarakat sekitar karena bentuk bukit batu ini sekilas mirip dengan lawang atau dalam Bahasa Indonesia berarti pintu. Di lokasi wisata ini anda bisa melihat pemandangan hijau nan asri dan berfoto dengan latar belakang tebing yang indah.

Saat akhir pekan, lokasi Batu Lawang sering dijadikan para anak muda untuk panjat tebing. Apabila anda yang suka dengan olahraga ini, tidak ada salahnya datang karena siapa tahu anda bisa bertemu dengan banyak teman yang memiliki hobinya sama.

Lokasi: Cupang, Gempol, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 06.00 – 18.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp10.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Batu Lawang

Wisata Banyu Panas Palimanan

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Untuk sampai di pemandian panas ini, anda cukup menempuh waktu selama kurang lebih 25 menit dari pusat kota. Lokasi tempat wisata ini berada di sekitar pegunungan kapur, jadi jangan heran kalau sekitar kolam pemandian terdapat pemandangan yang indah.

Konon, air panas yang memiliki kandungan belerang ini bisa menjadi menyembuhkan penyakit kulit. Terlepas dari asumsi tersebut, berendam air panas bisa menyegarkan tubuh anda.

Lokasi: Jl. Raya Palimanan, Palimanan Barat, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: pkl 08.00 -16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp4.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Wisata Banyu Panas Palimanan

Waterpark Kyai Masni

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Sama seperti waterpark pada umumnya, destinasi wisata air ini memiliki fasilitas air tumpah, seluncuran dan beberapa jenis kolam sesuai dengan kedalamnya. Namun yang menjadi keunikan lainnya adalah di luar arena bermain air, tempat bermain seru yaitu bermain flying fox, masuk kebun binatang atau dan bermain di taman bermain anak.

Lokasi:  Perumahan Taman Jalan Sudirman,Talum,Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp15.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Waterpark Kyai Masni.

Wisata Kura-Kura Belawa

20 Rekomendasi Liburan di Cirebon
Source: Google Maps

Destinasi yang cocok untuk anda yang ingin mengajak keluarga berwisata. Anda bisa mengajak anak-anak mengenal satwa yang populasinya sudah hampir punah. Beberapa wisatawan berpendapat bahwa hewan ini hanya ada di Cirebon.

Harga tiket masuk juga cukup murah. Pendapat dari hasil uang yang diberikan oleh pengunjung nantinya akan digunakan sebagai perawatan kura-kura dan objek wisata. Jadi, dengan datang ke tempat ini dan membayar tiket masuk, anda bisa membantu kura-kura lanka ini bertahan hidup.

Lokasi: Belawa, Lemah Abang, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Buka Jam: Pkl 08.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp3.000 

Klik di sini untuk Link Gmaps: Wisata Kura-Kura Belawa

Baca Juga: 20 Rekomendasi Wisata Lampung + Link Gmaps

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui 20 Rekomendasi Liburan di Cirebon. Sekarang waktunya anda membuat jadwal perjalanan dan menyiapkan kebutuhan liburan. Ajak keluarga, teman atau pasangan agar perjalanan menjadi lebih seru. Apabila liburan anda membawa anak-anak, pastikan si kecil tetap dalam pengawasan anda. Tetaplah menjaga kebersihan dimanapun anda berada. Sekian untuk ulasan di artikel ini. bila ada tips dan saran lainnya jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar, ya!