Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

17 Juni 2020

11 Rekomendasi Bisnis Online 2020

17 Juni 2020

11 Rekomendasi Bisnis Online 2020 – Sejak virus corona atau Covid-19 banyak sekali perusahaan yang merumahkan karyawannya. Selain itu juga masyarakat dihimbau untuk melakukan WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah. Pembatasan sosial atau social distancing juga membuat masyarakat semakin enggan untuk keluar rumah. Oleh karena itu, bisnis online merupakan salah satu peluang bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari rumah. Berikut kami rangkum beberapa perkerjaan yang bisa anda kerjakan secara online melalui gadget anda.

Sebelum anda memulai bisnis sendiri, ada baiknya untuk mengerti tentang peluang usaha. Memang kebanyakan wirausahawan mengaku bahwa pendapatan mereka meningkat, akan tetapi faktanya ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya:

  1. Mengetahui hal-hal apa yang banyak menjadi permintaan masyarakat.
  2. Mengikuti passion anda.
  3. Mengenali Persaingan

11 Rekomendasi Bisnis Online 2020

  1. Jasa Terjemah

Jasa terjemah merupakan salah satu peluang bisnis dari rumah yang sangat menguntungkan. Penerjemah tidak resmi bisa memperoleh Rp. 25.000 hingga Rp.50.000 setiap lembarnya. Untuk penerjemah resmi tentu saja jauh lebih diatas itu. Selain karena anda tidak perlu keluar rumah, jam dan waktunya juga fleksibel. Sehingga hal ini memberikan anda peluang lebih besar untuk melakukan hal lain.

  1. Jasa pembuatan Website

Jasa pembuatan website tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Seperti Jasa terjemah, seorag web developer juga dapat bekerja dari rumah. Bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang cukup besar. Seperti yang anda ketahui bahwa selain menjadi web developer anda juga bisa menjadi reseller hosting dan domain.

11 Rekomendasi Bisnis Online 2020

 

  1. Menjadi Dropshipper

Dropshipper merupakan konsep jual beli online dengan modal yang tidak terlalu banyak. Sama dengan konsep jual beli lainnya. Akan tetapi anda tidak perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan barang . Hal ini terjadi karena penjual lah yang akan mengirim langsung barang ke konsumen. Atau dengan kata lain, anda hanya sebagai perantara atau marketing saja. Anda dapat mengawalinya dengan modal yang kecil, cukup mengerahkan kemampuan marketing anda untuk menarik hati pelanggan.

Jangan lupa untuk bekerjasama dengan penjual. Bahkan saat ini banyak situs belanja online yang menyediakan fitur dropship di aplikasi mereka.

 

11 Rekomendasi Bisnis Online 2020

  1. Membuka Toko Online

Membuka toko online merupakan salah satu bisnis yang tidak salah untuk dicoba di masa pandemi seperti ini. Selain itu, masyarakat juga sudah mulai akrab dengan e-commerce atau belanja online. Sudah banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk belanja online.

Beberapa platform e-commerce bahkan menyediakan keamanan ekstra bagi para penjual dan konsumennya. Hal ini berdampak pada rasa percaya konsumen kepada penjual.

  1. Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan di masa WFH (Work From Home) atau Bekerja dari Rumah dirasa merupakan pilihan yang tepat. Beberapa orang mengaku terbiasa memakan cemilan diantara waktu bekerja mereka. Akan tetapi aturan Social Distancing membuat beberapa orang malas untuk keluar rumah. Oleh karena itu, bisnis makanan ringan secara online merupakan peluang bisnis yang menguntungkan.

  1. Penulis Lepas / Online

Penulis online merupakan perkerjaan baru di era globalisasi ini. Kegemaran anda dalam menulis dapat menjadi peluang bisnis rumahan yang tepat bagi anda. Bisnis ini bahkan dapat dilakukan tanpa modal sekalipun. Beberapa platform yang dapat menjadi sumber anda mendapatkan project adalah Sribulance dan Upwork.

Baca Juga: 6 Pilihan Bisnis Otomotif yang Menguntungkan

  1. Minuman Kesehatan

Virus corona membuat kebanyakan orang menjadi lebih memperhatikan kesehatan mereka. Menjual minuman kesehatan tentu akan menjadi bisnis yang menguntungkan. Masyarakat Indonesia memang masih akrab dengan minuman tradisional yang dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, anda juga dapat menjalankan marketing secara online baik melalui platform e-commerce atau melalui Whatsapp.

  1. Membuat Masker Kain

Masker Kain menjadi kebutuhan wajib bagi semua golongan selama masa pandemi corona menyerang. Nah, ini menjadi peluang bisnis juga bagi anda untuk mencari penghasilan tambahan. Bahkan saat ini sudah banyak masker kain dengan beraga desain yang unik. Masker ini juga dapat dijual secara online melalu e-commerce ataupun platform lain.

11 Rekomendasi Bisnis Online 2020

  1. Freelancer / Pekerja Lepas

Menjadi pekerja lepas (tidak bekerja pada satu pekerjaan saja) menjadi salah satu solusi bagi and di masa krisis pandemi ini. Anda dapat menawarkan jasa dan mematok bayaran sesuai dengan apa yang anda kerjakan. Selain itu, menjadi seorang freelancer juga dapat menambah daftar pengalaman anda.

  1. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis memang selalu bisa dilakukan di rumah. Jika anda memiliki kemampuan untuk mengoperasikan CorelDraw atau Photoshop, membuka jasa desain grafis secara online bisa menjadi solusi di kala pandemi seperti ini. Anda dapat menggunakan platform seperti Fiverr untuk dapat menjual desain anda secara online.

  1. Frozen Food

Bisnis frozen food merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Selain disukai oleh banyak golongan, kemudahan yang ditawarkan juga membuat banyak orang tertarik untuk membeli. Anda bisa membuat produk frozen food dengan resep anda sendiri, atau anda dapat menjadi reseller. Masyarakat di era ini menginginkan semuanya serba mudah, tetapi menyediakn frozen food tanpa bahan pengawet dan MSG pasti memiliki hati tersendiri di masyarakat.

Penutup

Itu tadi beberapa rekomendasi pekerjaan yang dapat dilakukan selama masa pandemi. Tetap semangat, semoga bermanfaat.