Marettama Dinda Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

11 Peluang Kerja Bergengsi Jurusan RPL, Terlengkap!

3 min read

11 Peluang Kerja Bergengsi Jurusan RPL, Terlengkap! – Beberapa hari lalu ada yang menanyakan kepada saya mengenai peluang kerja yang dimiliki lulusan SMK. Apakah saat ini jurusan SMK masih banyak diminati? Jawabannya adalah, Masih.

Bahkan, para lulusan SMK cenderung memiliki peluang kerja yang lebih besar dibandingkan dengan lulusan SMA. Bahkan tanpa perlu kuliah terlebih dahulu, mereka sudah memiliki kemampuan dalam bidang yang telah dikhususkan ketika sekolah.

Salah satu jurusan yang cukup bergengsi di SMK adalah RPL. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau dalam bahasa Inggris disebut Software Engineering (SE) merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK. Program studi ini mengajarkan siswanya mengenai cara-cara pengembangan, pembuatan, dan manajemen kualitas software atau perangkat lunak.

Lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki keahlian dalam biadng teknologi komputer dan informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman pada komputer.

Kehidupan di era modern ini membuat kita tidak dapat terlepas dari dunia digital, baik dalam smartphone maupun komputer. Kebutuhan industri swasta maupun pemerintah akan teknisi pengembangan software semakin meningkat.

11 Peluang Kerja Bergengsi Jurusan RPL

11 Peluang Kerja Bergengsi Jurusan RPL

Beberapa pekerjaan keren jurusan RPL antara lain sebagai berikut:

1. UI / UX Mobile Designer

Bagi orang awam, mungkin UI dan UX terdengar asing. Padahal sebenarnya istilah ini sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari. UI (User Interface) dan UX (User Experience) merupakan  dua hal yang berbeda. UI lebih fokus kepada visualisasi yang berkaitan dengan user seperti interface design, grafis, icon dan visual design.  Sedangkan UX bertugas untuk melakukan riset pasar yang kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface.

2. Software Developer

Tidak melulu harus bekerja di perusahaan, lulusan RPL dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. Salah satunya sebagai software developer. Konsumen atau klien dapat menyewa jasa seorang software developer untuk mengembangkan perangkat lunak mereka. Pekerjaan ini juga dapat mencakup banyak bidang, contohnya seperti: bisnis, pendidikan, games, hiburan, telekomunikasi dan lain-lain.

3. Computer Network

Berbeda dengan software developer, seorang Computer Network memiliki tugas untuk merancang arsitektur jaringan yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, Computer Network juga wajib melakukan treatment dan pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.

4. Web Engineer

Sebuah perusahaan besar tentu saja memerlukan sebuah website untuk menunjukkan kredibilitas mereka. Sebuah website juga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Oleh karena itu, biasanya sebuah perusahaan akan mempekerjakan seseorang yang handal dalam pembuatan situs web. Web Engineer memiliki peran untuk merancang, menyusun, dan membangun website sesuai dengan permintaan perusahaan. Seorang Web Engineer bertanggung jawab memelihara website dan mengembangkannya.

5. Game Developer

Dibalik sebuah game yang fantastis, tentu saja ada peran game developer yang terus memperbaiki kualitas game yang ditawarkan. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk terus mengembangkan software multimedia game dan lain-lain.

6. Software Tester

Pernah mendengar tentang pengujian software sebelum digunakan? Tentu saja sebuah software harus mengalami tahap pengujian untuk mengetahui kekurangan produk software yang telah dibuat. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan seorang software tester, yang dapat berperan khusus sebagai penguji software (perangkat lunak) dan bertanggung jawab atas segala hal yang berhubungan dengan software maupun system pada komputer.

7. Software Engineering

Berbeda dengan web engineering yang fokus kepada web (internet), seorang software engineering lebih fokus kepada program yang digunakan di dalam suatu perusahaan. Teknisi pernagkat lunak ini diperlukan untuk selalu mengembangkan produk software dan memperbaiki system ketika terjadi kesalahan.

8. Software Analis

Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini fokus untuk menganalisis sistem atau software milik perusahaan yang berbasis teknologi informasi. Seorang software analyst juga diharuskan mampu untuk memberikan solusi yang integratif dan memanfaatkan software.

9. Konsultan IT

Suatu perusahaan tentu saja membutuhkan seorang konsultan IT,  yang berperan penting dalam merencanakan dan mengevaluasi penerapan Teknologi Informasi yang menunjang pekerjaan mereka.

10. Programmer

Bekerja sebagai programmer dapat mencakup segala bidang, mulai dari industri pertelevisian, perhotelan, perbankan, bahkan industri dalam bidang jasa. Seorang programmer tentu menjadi komponen penting dalam segala aspek yang berhubungan dengan pembuatan program atau software yang dapat menunjang perusahaan.

11. Mobile Developer

Beberapa pekerjaan diatas menyebut tentang perangkat lunak atau software komputer. Bukankah telepon genggam yang kita miliki sekarang ini juga memiliki software? Yap, tentu saja lulusan RPL tidak hanya berhubungan dengan komputer saja. Tetapi juga bisa menjadi pengembang telepon genggam (mobile developer). Mobile developer bertugas membuat dan mengembangkan software yang ada pada telepon genggam yang dapat digunakan secara online maupun offline.

Baca Juga: Apa Itu Working Capital? Pebisnis Wajib Tahu

Penutup

Kemampuan lulusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di era modern ini sangat diperlukan. Kebutuhan akan peng

gunaan perangkat lunak setelah dicetuskannya Work Form Home dan Social Distancing semakin meningkat. Oleh karena itu, kemampuan coding, desain, dan alogaritma yang telah dipelajari menjadi kunci penting dalam keberhasilan rekayasa perangkat lunak.

Semoga daftar tersebut bermanfaat untuk memberikan pandangan mengenai peluang kerja keren jurusan RPL.

Marettama Dinda Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.