Caramel Popcorn
Caramel Popcorn

President of My Own Self || Professional Potato || Extraordinary Ability to be Alone || Queen of Social Distancing || Survived since 1996

27 September 2020

10 Rekomendasi Wisata Yogyakarta + Link GMaps

27 September 2020

10 Rekomendasi wisata Yogyakarta yang menarik mulai dari wisata alam dan tempat-tempat seru lainnya yang bisa membuat anda betah. Kota yang terkenal dengan gudeg sebagai makanan khasnya ini merupakan wilayah yang pada turis. Seperti namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat ini juga memiliki keistimewaan bagi Indonesia karena menyimpan banyak cerita dari sisi sejarah kerajaan Jawa. Oleh karena itu, mari simak 10 Rekomendasi wisata Yogyakarta.

10 Rekomendasi Wisata Yogyakarta 

Ambil Pulpen dan kertas anda. Catat tempat mana saja yang ingin anda kunjungi. Persiapkan waktu dan tanggal yang tepat karena bisa tempat yang anda kunjungi ramai pengunjung. Ajak keluarga atau sahabat agar perjalanan anda lebih seru. berikut adalah 10 Rekomendasi wisata Yogyakarta yang wajib anda kunjungi. Dilengkapi dengan Google Maps untuk mempermudah perjalanan anda. 

1. Candi Prambanan

10 Rekomendasi Wisata Yogyakarta
Source: Google Maps

Candi yang terkenal dengan kisah Roro Jonggrang ini termasuk situs Warisan Dunia  (UNESCO) sekaligus dinobatkan sebagai candi Hindu terindah di Asia tenggara. Banyak turis baik lokal dan mancanegara datang untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah Hindu di Yogyakarta ata sekedar menikmati keindahan sekali candi dan mengabadikan momen dengan berswafoto. Setiap tahunnya Prambanan sering mengadakan berbagai macam festival musik atau drama di kawasan candi.

Lokasi: Jl. Raya Solo, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 55571
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 06.00 – 17.00
Kisaran Harga Tiket: Rp50.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Candi Prambanan

2. Pantai Indrayanti

10 Rekomendasi Wisata Yogyakarta
Source: Google Maps

Pantai yang memiliki nama resmi  Pantai Pulau Sawal ini dikenal dengan surga Pantai Selatan. Pasir putih, batu karang besar dan air laut yang biru dan bersih menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. 

Lokasi: Gunung Kidul, DIY
Jam Buka: 24 jam
Kisaran harga tiket: Rp10.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Pantai Indrayanti

3. Jalan Malioboro

Source: Google Maps

Belum pas rasanya jika datang ke Yogyakarta namun tidak mampir ke jalan yang seakan tak perna tidur ini. Pada siang hari anda an disuguhkan berjejeran pedagang yang menjual  pakaian khusuknya batik jogja, oleh-oleh khas jogja dan berbagai macam kuliner seperti gudeg, bakpia dan lainnya. Saat malam hari jalanan ini semakin ramai angkriman dan grup-grup pengamen jalanan dengan alat musik keroncong.

Lokasi: Jl. Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY.
Jam Buka: 24 Jam
HargaTike: Gratis

Klik di sini untuk Link Gmaps: Jalan Malioboro

4. Pasar Beringharjo.

Pasar Beringharjo
Source: Google Maps

Masyarakat sering menyebutnya dengan Pasar Gedhe. pasar yang letaknya ada di belakang Jalan Malioboro ini merupakan pasar terbesar dan termurah di Yogyakarta. Jadi, jangan heran jika nanti membuka pakaian, khususnya baju batik, dan pernak-pernik khas jogja dengan harga yang sangat murah. Siapkan uang yang cukup karena bisa jadi anda terlena dengan rayuan harga yang memikat.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Contomanah, Kota Yogyakarta, DIY

Jam Buka: Setiap Hari PKl 08.30 – 21.00
Harga Tiket: Gratis
Klik di sini untuk Link Gmaps: Pasar Beringharjo

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Source: Google Maps

Di keraton ini lah istana resmi kesultanan Yogyakarta dan rumah tangganya tinggal. Tempat ini menyimpan peninggalan kerajaan yang masih terjaga seperti gamelan dan lainnya.  Berkeliling di keraton ini anda bisa merasakan dan membayangkan kemegahan kerajaan pada masa kejayaan dahulu dengan ornamen jawa yang sangat kental. 

Lokasi: Jl. Rotowijayan, No.1, Panembahan, Kec. Kraton, DIY
Jam Buka : 08.30 – 13.00 (Jum’at Tutup)
Kisaran Harga Tiket: Rp12.500

Klik di sini untuk Link GMaps: Keraton Yogyakarta

6.Taman Sari

10 Rekomendasi Wisata Yogyakarta
Source: Google Maps

Konon ini pernah menjadi tempat tinggal pertama Kesultanan Yogyakarta sebelum pindah ke keraton yang sekarang. Bangunan yang unik dan cantik ini cocok untuk berfoto dan bahkan menjadi tempat favorit para fotografer. Siapkan kamera anda untuk berfoto di bangunan kerajaan kuno ini.

Lokasi: Jl. Tamanan, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DIY 55133
Jam Buka: Setiap Hari Pkl 09.00 – 15.00
Kisaran Harga Tiket: RP5.000

Klik di sini untuk Link Gmaps: Taman Sari

7. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung MerapiMuseum Gunung Merapi
Source: Google Maps

Museum ini dibangun sebagai tempat mengedukasi atau memberi pengetahuan tentang Gunung Merapi. Uniknya, museum ini menyimpan barang-barang milik para korban bencana dengan kondisi yang masih utuh seperti sesaat setelah kejadian. Dengan melihat kondisi barang-barang tersebut kita akan terbayang bagaimana dahsyatnya bencana meletusnya gunung merapi merusak pemukiman warga kala itu.

Lokasi: Jl. kaliurang, Benteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman. DIY
Jam Buka: Pkl 08.00 – 15.30  (Senin Libur)
Kisaran harga Tiket: Rp5.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Museum gunung Merapi

8. Taman Wisata Kaliurang

Taman Kaliurang
Source: Google Maps

Suasana sejuk, tempat nyaman, dan udara yang nyaman cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga. Tempat yang instagramable ini bagus untuk berswafoto. Taman ini juga menyediakan playground yang akan membuat anak-anak betah berada di sini.

Lokasi: Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, DIY
Jam Buka : Setiap Hari Pkl 08.00 – 16.00
Kisaran Harga Tiket: Rp10.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Taman Wisata Kaliurang

9. Kebun Buah Mangunan

10 Rekomendasi Wisata Yogyakarta
Source: Google Maps

Meskipun nama tempat ini adalah kebun buah, namun faktor lain banyak orang yang datang ke sini adalah menikmati ketinggian dengan panorama yang bukit yang indah dan bahkan ada momen yang mana anda akan melihat kabut tebal menyelimuti bukit-bukit di seberang dan seakan kita berada di atas awan. 

Lokasi: Jl. Imogiri, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY
Jam Buka: Pkl 05.00 – 18.00
Kisaran harga Tiket: Rp3.000 – Rp5.000

Klik di sini untuk LInk Gmaps: Kebun Buah Mangunan

10. Heha Sky View

Heha Sky View
Source: Google Maps

Tempat ini menawarkan spot-spot foto instagramable unik untuk swafoto. Jika berkunjung di malam hari anda akan disuguhkan pemandangan indah kota Yogyakarta dari atas bukit. Suasana yang sejuk membuat anda betah berlama-lama untuk berkumpul bersama keluarga sekaligus menikmati sajian kuliner yang tersedia.

Lokasi:Jl. Dlingi Patuk, Patuk, Kab. Gunung Kidul, DIY
Jam Buka: Pkl 10.00 – 23.00
Kisaran Harga Tiket: Rp10.000 – Rp16.000

Klik di sini untuk Link GMaps: Heha Sky View

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Banyuwangi

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui 10 Rekomendasi wisata Yogyakarta yang beragam dan seru untuk dikunjungi. Persiapkan kebutuhan liburan ada sejak awal agar terciptanya liburan yang nyaman. Ajak keluarga, teman, pasanganmu untuk liburan yang lebih menyenangkan dan berkesan. Jika anda membawa anak-anak, di harapan tetap selalu menggandeng tangannya dan tidak lepas dari pengawasan. Jaga kebersihan lingkungan sekitar. Jika ada komentar lain anda bisa menambahkannya di kolom komentar di bawah ya!