Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

5 Oktober 2020

10 Perbedaan Dunia Kuliah dengan Dunia Kerja

5 Oktober 2020

10 Perbedaan Dunia Kuliah dengan Dunia Kerja – Kurikulum yang ada dalam dunia perkuliahan sengaja disusun agar mahasiswa siap untuk menghadapi dunia kerja. Jika saat berada di masa perkuliahan kamu dihadapkan dengan peraturan kampus dan jadwal kuliah, begitu juga dengan saat berada di dunia kerja. Meskipun dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja, dunia perkuliahan dan dunia kerja merupakan dua dunia yang sangat berbeda. Berikut ini 10 Perbedaan Dunia Kuliah dengan Dunia Kerja

10 Perbedaan Dunia Kuliah dengan Dunia Kerja

10 Perbedaan Dunia Kuliah dengan Dunia Kerja

1. Wajib Bangun Pagi

Kuliah

Jika ketika berada di dunia perkuliahan kamu selalu bangun siang dan bermalas-malasan bahkan tidak mandi, kamu tidak dapat melakukannya lagi di dunia kerja.

Kerja

Di dunia kerja kamu harus bangun pagi, mandi, dan berpakaian rapi ketika berangkat ke kantor. Mau tidak mau anda wajib bangun pagi setiap harinya.

2. Wajib Berpakaian Rapi

Kuliah

Di dunia kuliah anda masih bisa menggunakan baju casual seperti celana jeans belel, kaos, dan Sneakers. Meskipun peraturan di kampus melarang anda untuk menggunakan baju casual, beberapa mahasiswa tetap kekeuh untuk menggunakannya.

Kerja

Berbeda dengan dunia kerja yang mewajibkan anda menggunakan baju formal, lengkap dengan kemeja dan sepatu kerja. Penampilan merupakan kunci utama dalam dunia kerja. Bahkan beberapa pekerjaan menyediakan seragam untuk pegawai mereka. Bahkan ketika anda bekerja di industri kreatif, meskipun diperbolehkan untuk menggunakan baju casual anda wajib rapi.

3. Ngga ada Tipsen lagi!

Kuliah

Jika di dunia perkuliahan kamu bisa tipsen dengan aturan wajib hadir hanya sebanyak 75% dari total pertemuan. Sehingga ada kesempatan 3-4 kali untuk tidak masuk kuliah. Jika mendapatkan nilai C atau D anda hanya perlu mengulang di semester depannya.

Kerja

Hal ini tidak terjadi di dunia kerja. Tidak ada yang bisa mem-back-up pekerjaan kamu. Sangat berat untuk meninggalkan pekerjaan barang sehari saja. Karena tidak masuk kerja = pekerjaan menumpuk. Sekalinya tidak masuk, bahkan tanpa izin, harus dibayar dengan tugas yang menumpuk.

Karena di dunia kerja kamu dibayar, sehingga kamu dituntut untuk memenuhi keinginan perusahaan.

4. Tidak Ada Lagi Uang Bulanan dari Orang Tua

Kuliah

Saat berkuliah, kamu tidak perlu khawatir tentang uang makan dan keperluan sehari-hari karena masih menjadi tanggungan orangtua.

Kerja

Setelah bekerja, kamu harus mengandalkan diri sendiri. Tidak ada salahnya mengatur keuangan sejak kuliah, karena akan sangat bermanfaat di masa mendatang. Jika kamu tidak pandai mengatur keuangan, maka gai yang kamu terima setiap bulannya tidak akan teralokasikan dengan baik. Mulailah dengan tebiasa menulis pengeluaran dan pemasukan.

5. Berkumpul dengan Berbagai Usia

Kuliah

Jika di dunia perkuliahan kamu berkumpul dengan satu angkatan yang hanya berbeda beberapa tahun, di dunia kerja kamu akan bertemu dengan orang dari lintas generasi.

Kerja

Di dunia kerja kamu akan bertemu dengan senior yang memiliki pengalaman bekerja lebih lama dibandingkan kamu. Disini kamu harus menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan.

6. Waktu Luang hanya Weekend saja

Kuliah

Saat berkuliah kamu memiliki banyak waktu luang untuk berkumpul bersama teman-teman. Bahkan kampus memfasilitasi mahasiswanya dengan berbagai kegiatan kegiatan mahasiswa untuk meng-upgrade kemampuan mereka yang dapat menunjang soft-skill dan hard-skill. Jadwal kuliah juga tidak full 8 jam kerja setiap harinya, bahkan kadang hanya 2-4 sks saja sehari.

Kerja

Di dunia kerja, libur tentu hanya pada saat weekend saja. Bahkan ketika ingin nongkrong di malam hari, harus berpikir dua kali karena besok harus bangun pagi dan ngantor lagi. Bahkan beberapa pekerjaan membutuhkan waktu lebih dari 8 jam sehari.

7. Gak Bisa Tidur Siang Lagi

Kuliah

Tidur siang bisa membuat kita lebih segar setelah segala aktivitas yang kita lakukan. Kita bisa saja tidur di di kos selama istirahat.

Kerja

Di dunia kerja tentu saja anda tidak bisa pulang dan tidur begitu saja di kos. Perusahaan hanya akan memberikan waktu untuk makan siang dan bercengkrama bersama teman-teman. Itupun hanya power nap yang berkisar hitungan menit.

8. Liburan?

Kuliah

Saat kuliah kita bisa saja mengatur jadwal liburan dengan memanfaatkan kesempatan bolos. Liburan semester juga menjadi kesempatan terbaik untuk liburan karena bisa mencapai hitungan bulan.

Kerja

Di dunia kerja kamu hanya dapat liburan dalam hitungan hari. Itupun dengan memanfaatkan cuti yang diberikan oleh kantor. Bahkan memanfaatkan libur tanggal panjang.

9. Angpao

Kuliah

Saat kuliah kamu masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan angpao setiap hari raya.

Kerja

Bukannya dikasih, saat bekerja malah giliranmu untuk memberikan angpao.

10. Kebutuhan Bulanan

Kuliah

Saat berkuliah, kamu harus memprioritaskan mana kebutuhan yang wajib dibeli agar uang bulanan teralokasikan dengan baik.

Kerja

Saat bekerja kamu memiliki kendali penuh atas penghasilanmu. Jangan lupa untuk menabung dan memberikan reward ke diri sendiri agar terus semangat untuk bekerja.

Baca Juga: 11 Peluang Kerja Bergengsi Jurusan RPL

Penutup

Itu dia 10 Perbedaan antara dunia kuliah dan dunia kerja. Semoga bermanfaat!