Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

18 Juni 2020

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

18 Juni 2020

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA – menentukan jurusan kuliah memang bukan hal yang mudah bagi kelas 12 SMA. Oleh karena itu, 10 jurusan kuliah ini mungkin bisa menjadi panduan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

  1. Kedokteran

Kesehatan merupakan hal penting bagi semua orang. Mahasiswa kedokteran tidak hanya mempelajari tentang cara menyembuhkan orang. Tetapi juga bagaimana caranya mempertahankan kesehatan. Selama proses kuliah, Mahasiswa kedokteran tidak hanya akan mempelajari materi secara teori, tetapi juga praktik. Mereka harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang sangat menyukai pelajaran biologi. Selain dokter umum, ada juga pilihan sebagai dokter spesialis. Contohnya seperti, dokter spesialis kandungan, dokter gigi, dokter anak, dokter syaraf, dokter penyakit dalam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Farmasi

Tidak hanya anak SMA, anak SMK dari jurusan Farmasi juga bisa mengambil jurusan ini jika menginginkan untuk berkuliah. Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang menyukai mata pelajaran kimia. Prospek kerja lulusan farmasi diantaranya adalah menjadi spesialis kimia, apoteker, dan masih banyak lagi.

Jurusan farmasi sangat kuat kaitannya dengan obat-obatan. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolah senyawa tersebut menjadi obat yang siap untuk dikonsumsi. Lulusan farmasi diharapkan dapat membuat, meracik, mencampur,mengkombinasi, menciptakan, dan menganalisis obat yang aman dan memenuhi standar uji kelayakan.

  1. Teknologi Pangan

Teknologi pangan sangat cocok bagi anda yang menyukai mata pelajaran Biologi dan Kimia. Jika menempuh program studi ini, anda akan mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi. Makanan tersebut juga harus lulus uji klinis dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Oleh karena itu, dalam memproduksi makanan diperlukan ilmu tentang komponen kimiawi dan biologis dalam makanan. Tidak hanya efek dalam hal kimia dan biologi, jurusan teknologi pangan juga akan mempelajari efek sosial dari makanan yang di konsumsi. Termasuk bagaimana makanan tersebut mempengaruhi psikologi, kultur, dan kondisi ekonomi kita.

  1. Statistika

Bagi anda yang menyukai matematika, Jurusan statistika menjadi pilihan terbaik. Prospek kerja yang ditawarkan diantaranya menjadi Ahli statistik, Aktuaria, dan Peneliti Survey. Program studi ini mengajarkan tentang proses pengolahan data. Mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Ilmu statistika sendiri berperan penting dalam mengambil kebijakan. Pengambilan kebijakan harus dilandasi dengan analisis data yang akurat.

  1. Teknik Lingkungan

Jurusan teknik memang selalu menarik banyak orang, salah satunya adalah teknik lingkungan. Jurusan ini angat cocok bagi anda yang menyukai mata pelajaran Biologi dan Kimia. Karena dalam program studi ini, anda akan mempelajari tentang cara menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Di jurusan ini, anda juga akan akrab dengan konservasi sumber daya air, pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, perpipaan, drainase, pengelolaan kesehatan lingkungan dan lain-lain.prospek kerja jurusan ini diantaranya adalah konsultan lingkungan, ahli lingkungan, atau ahli ekologi Industri.

 

Baca Juga: 11 Rekomendasi Bisnis Online 2020

 

 

  1. Teknik Industri

Jurusan teknik yang satu ini cocok bagi anda yang menyukai mata pelajaran matematika. Dalam menempuh program studi ini, anda akan mempelajari tentang proses perindustrian. Anda akan mempelajari dari sisi teknik maupun perindustrian. Program studi ini berfokus pada perencanaan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang membutuhkan peran manusia.  Selain matematika, anda juga akan akrab dengan fisika, fisiologi, dan manajemen. Beberapa prospek pekerjaan lulusan Teknik industri diantaranya adalah ahli teknik industri, teknik produksi manufaktur, sales engineer, dan masih banyak lagi.

  1. Teknik Pertambangan

Teknik pertambangan cocok bagi anda yang menyukai fisika dan kimia. Program studi ini fokus kepada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral, seperti emas, perak, aluminium, besi, dan batu-bara. Jika menempuh program studi ini, anda akan memperlajari tentang proses pertambangan. Proses tersebut terdiri dari penyelidikan, eksplorasi, pengolahan bahan tambang, pengangkutan hingga pemasaran.

  1. Teknik Elektro

Program studi ini cocok bagi anda yang menyukai mata pelajaran Fisika. Karena dalam proses perkuliahan akan mempelajari tentang sifat-sifat elektron atau kelistrikan. Anda akan mempelajari tentang pengaplikasian, pemanfaatan listrik dan teknologi terkait dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, anda juga akan mempelajari tentang pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan, hingga pemanfaatan listrik. Prospek jurusan lulusan teknik elektro diantaranya adalah spesialis teknik telekomunikasi, ahli robotik, ahli teknik elektronik, dan lain-lain.

  1. Ekonomi

Jika menempuh prodi ini, anda akan akrab dengan persoalan pembangunan yang sedang terjadi di negara berkembang. Jurusan ini dirasa akrab dengan anak IPS, pada kenyataannya anak IPA yang menyukai matematika cenderung lebih cocok dengan program studi ini. Lulusan dari jurusan ekonomi memiliki prospek bekerja sebagai konselor keuangan, analis keuangan atau ekonom.

  1. Ilmu Gizi

Ilmu gizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas manusia. Program studi ini sangat cocok bagi anda yang menyukai mata pelajaran biologi dan kimia. Prospek kerja dari lulusan ilmu gizi diantaranya adalah ahli diet dan nutrisi dan praktisi.

Penutup

Itu tadi 10 Program studi yang cocok bagi anak IPA. Semoga Bermanfaat!