Marettama Dinda
Marettama Dinda

Hello, I'm Marettama Dinda. Majoring English Literature at one of public university at Semarang. I love to do digital drawing, reading, learning, and sharing my experience. I also learn many things to build up my portofolio.

19 Juni 2020

10 Jurusan kuliah untuk Anak IPS

19 Juni 2020

10 Jurusan kuliah untuk Anak IPS – menentukan jurusan kuliah memang bukan hal yang mudah bagi kelas 12 SMA. Oleh karena itu, 10 jurusan kuliah ini mungkin bisa menjadi panduan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

10 Jurusan kuliah untuk Anak IPS

  1. Hubungan Internasional

Jika kamu menginginkan untuk menjadi diplomat, konsultan politik, wartawan internasional, atau konsultan imigrasi, tidak ada salahnya mengambil program studi ini. Program studi ini juga cocok bagi kamu yang menyukai mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, bahasa Inggris, atau bahasa asing lain. Selama proses perkuliahan kamu akan diajarkan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas komunikasi antar negara. Contohnya seperti diplomasi, politik luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, perdagangan luar negeri.

  1. Administrasi Bisnis

Jurusan ini cocok bagi kamu yang menyukai mata pelajaran TIK. Beberapa prospek pekerjaan dari lulusan ini diantaranya adalah administrasi, sekretaris eksekutif, manajer produksi industri, dan agen pembelian. Dalam program studi ini kamu akan mempelajari tentang administrasi secara umum serta manajemen kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor untuk mendukung bisnis agar lebih efektif dan efisien.

  1. Akuntansi

Jika kamu menyukai mata pelajaran matematika dan akuntansi, jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Di program studi ini kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar keuangan. Contohnya seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, akuntansi pajak, prosedur pelaporan, prosedur audit, bahkan hingga perencanaan dan konsultasi bisnis. Prospek kerja yang dimiliki program studi ini antara lain adalah akuntan, manajer keuangan, dan pemeriksa keuangan.

  1. Hukum

Untuk kamu yang menyukai mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, tidak ada salahnya memilih jurusan ini. Dalam program studi ini kamu akan diajarkan mengenai hukum baik praktik maupun teori. Prospek kerja dari lulusan hukum antara lain adalah pengacara, notaris, sekretaris legal, dan asisten legal. Jika kamu memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap hukum di indonesia. Maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu.

  1. Ilmu Politik

Sudah jelas dari namanya, dalam program studi ini kamu akan mempelajari tentang teori dan praktik terkait politik. Jurusan ini biasanya tergabung menjadi satu dalam FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Lulusan ilmu politik diharapkan dapat berpikir kritis dalam menganalisa setiap peristiwa yang mempengaruhi keadaan dinamika struktur politik di suatu negara. Prospek kerja yang dimiliki lulusan ilmu politik antara lain adalah konsultan politik, anggota parlemen, politikus, dan peneliti politik.

 

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

 

  1. Sastra Inggris

Jika kamu menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris, tentu saja Jurusan in sangat cocok untuk kamu. Dalam program studi ini kamu tidak hanya akan belajar tentang sastra tetapi juga Bahasa Inggris dasar seperti Speaking, Writing, Reading,dan Grammar. Bahkan kamu juga akan mempelajari tentang Public Speaking dan Public Relation. Sedangkan untuk memperdalam ilmu sastra, kamu akan mempelajari tentang novel, puisi, drama, film, dan lain-lain. Meski sering diragukan, lulusan Sastra Inggris justru memiliki peluang besar dalam mencari pekerjaan. Contohnya seperti editor, wartawan, penulis konten, bekerja di perusahaan asing, menjadi translator, pegawai bank dan masih banyak lagi.

  1. Ilmu Komunikasi

Bagi kamu yang menyukai mata pelajaran TIK dan Sosiologi, jurusan ini cocok untuk dipilih. Program studi ini tidak hanya akan mengajarkan kamu tentang ilmu komunikasi, tetapi juga cara berkomunikasi. Contohnya seperti menulis berita, membuat desain dan animasi, fotografi, public speaking, public relation, membuat iklan, bahkan membuat film. Program studi ini juga tidak hanya mengajarkan teori saja, namun juga praktik.

  1. Desain Komunikasi Visual

Jika kamu memiliki bakat menggambar, tentu saja Desain Komunikasi Visual (DKV) wajib masuk top list. Untuk kamu yang ingin menjadi desainer grafis, animator, seniman multimedia, atau bahkan desainer produk maka kamu wajib memilih Desain Komunikasi Visual sebagai Jurusan Kuliah. Dalam program studi ini kamu tidak hanya akan mempelajari tentang proses menggambar tetapi juga seni budaya dan bagaimana cara penyampaian pesan melalui seni kepada publik.

  1. Perpajakan

Jika kamu sangat menyukai mata pelajaran ekonomi dan matematika, tidak ada salahnya mengambil perpajakan. Jika mengambil jurusan perpajakan, kamu akan mempelajari tentang berbagai macam perspektif tentang ekonomi dan akuntansi. Kamu juga akan diajarkan membuat laporan pajak yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Selain itu juga lulusan Perpajakan diharapkan mampu untuk menyelesaikan masalah perpajakan. Prospek pekerjaan yang lulusan perpajakan antara lain adalah ahli perencanaan pajak, konsultan bea cukai, penilai pajak dan keuangan.

  1. Manajemen Perhotelan

Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang penerapan dan pengembangan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Selain itu juga tentang perencanaan, produksi, dan pengelolaan jasa penginapan sepertti tata boga, akomodasi, dan jasa lainnya. Jurusan ini cocok bagi kamu yang menyukai mata pelajaran akuntansi dan bahasa inggris. Prospek kerja dari lulusan Manajemen perhotelan antara lain adalah chef, kepala koki, manajer penginapan, dan Food Service Manager.

Penutup

Itu tadi 10 Program studi yang cocok bagi anak IPA. Semoga Bermanfaat!